Strategi Komunikasi Publik untuk Dukung Program Pemerintah
Umbulharjo- Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Tulungagung melakukan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Dinkominfosan) Kota Yogyakarta pada Selasa (24/12). Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari sistem komunikasi publik yang telah diterapkan oleh Dinkominfosan Kota Yogyakarta dalam mendukung penyebaran informasi kepada masyarakat.
Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Tulungagung selaku pimpinan rombongan, Hari Winarno mengatakan bahwa tujuan utama kunjungan ini adalah untuk mempelajari strategi komunikasi publik yang diterapkan oleh Dinkominfosan Kota Yogyakarta.
“Kami melihat Dinkominfosan Kota Yogyakarta memiliki sistem komunikasi publik yang sangat efektif. Tujuan kami adalah mempelajari strategi yang dilakukan untuk mendukung penyebaran informasi secara luas dan efisien sehingga dapat kami adopsi ataupun kami sesuaikan di daerah kami,” ujar Hari.
Diskusi kunjungan di Kantor Dinkominfosan Kota Yogya
Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Dinkominfosan Kota Yogyakarta Suciati Sah menjelaskan bahwa Dinkominfosan Kota Yogyakarta berperan penting sebagai penghubung informasi antara pemerintah kota dan masyarakat. Salah satu tugas utama mereka adalah memastikan seluruh program Pemerintah Kota Yogyakarta tersampaikan dengan baik melalui berbagai saluran komunikasi.
“Ketugasan kami adalah sebagai corong informasi Pemerintah Kota Yogyakarta. Setiap program atau kegiatan yang dilakukan pemerintah kota wajib kami desiminasikan melalui media online maupun offline,” ujar Suciati.
Ia menambahkan, Dinkominfosan mengelola berbagai media, termasuk akun media sosial seperti Instagram, YouTube, dan Facebook, serta aplikasi Jogja Smart Service (JSS), situs web resmi, dan TV Jaringan.
Sebagai bagian dari strategi komunikasi publik, Dinkominfosan secara rutin mengadakan jumpa pers setiap minggu. Materi yang dibahas menyesuaikan kebutuhan perangkat daerah yang memerlukan bantuan publikasi.
Rombongan Dinkominfo Kabupaten Tulungagung
Selain itu, Dinkominfosan juga membentuk Tim Diseminasi Informasi (TDI) yang bertugas memberikan edukasi langsung kepada masyarakat. Tim ini mengadakan sosialisasi di berbagai forum warga untuk menjelaskan fitur-fitur aplikasi JSS, cara membuat akun, hingga penggunaan layanan digital lainnya.
“Kami juga melatih tim TDI sebelum mereka terjun ke masyarakat, terutama jika ada fitur baru dari aplikasi Jogja Smart Service atau program unggulan yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta, seperti program pilah dan olah sampah di rumah,” jelas Suciati.
Penyerahan cindera mata
Sementara itu, Ketua Tim Kerja Humas dan Publikasi Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinkominfosan Kota Yogyakarta, Anna Faradiana, menambahkan bahwa bidang IKP memiliki tiga kelompok substansi yang saling mendukung: Layanan Informasi dan Pengaduan, Humas dan Publikasi, serta Pengelolaan Informasi.
“Kami bekerja sama dengan wartawan dari Paguyuban Wartawan Balai Kota untuk memastikan kualitas pemberitaan. Dalam kemitraan ini, kami memantau keaktifan media dalam meliput kegiatan pemerintah kota, termasuk jumlah pemberitaan dan tingkat pembacaannya,” ujar Anna.
Selain itu, Dinkominfosan juga memiliki tim khusus yang menganalisis media sosial. Hasil analisis ini berupa laporan mingguan yang disebarkan ke perangkat daerah terkait, disertai rekomendasi untuk menanggapi isu-isu yang sedang diperbincangkan masyarakat. (Chi)