Bondowoso Pelajari Pemanfaatan Teknologi dalam Penataan Infrastruktur di Kota Yogya

UMBULHARJO - Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta menerima kunjungan dari DPRD Kabupaten Bondowoso Provinsi Jawa Timur, Kamis (30/5) di Ruang Riset Diskominfosan Kota Yogyakarta.
Tujuan DPRD Kabupaten Bondowoso berkunjung ke Diskominfosan Kota Yogyakarta  tersebut, ingin memahami lebih dalam mengenai pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dilakukan  Diskominfosan Kota Yogyakarta.
Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Diskominfosan Kota Yogyakarta  Ignatius Tri Hastono  didampingi Sekretaris Diskominfosan Suciati Sah.
Tri Hastono mengatakan, dalam dunia era digitalisasi saat ini, masyarakat telah ketergantungan informasi yang sangat cepat beredar di media sosial.
Oleh karenanya, teknologi informasi yang ada di pemerintahan tidak hanya dilihat oleh masyarakat tetapi harapannya dapat dirasakan dan dimanfaatkan masyarakat.
Salah satunya dengan memaksimalkan aplikasi Jogja Smart Servic (JSS) yang sudah beroperasi sejak tahun 2017.
“Aplikasi JSS sampai saat ini bisa dirasakan masyarakat, ini tentunya tidak terlepas dari keterlibatan tenaga teknis yang ahli di bidang teknologi informasi dan komputer. Selain itu, untuk sumber daya manusia juga harus disiapkan dengan matang dan seiring kemajuan teknologi,”jelas Tri Hastono saat sambutan.

Kepala Diskominfosan Kota Yogyakarta Trihastino didampingi Sekretaris Diskominfosan Kota Yogyakarta Suciati Sah saat menerima Kunjungan Kerja DPRD Bondowoso, Kamis (30/5).

Sejalan dengan hal tersebut, Sekretaris Diskominfosan Suciati Sah mengungkapkan, sampai saat ini Kota Yogyakarta audah terkoneksi dengan jaringan fiber optik yang dibangun secara bertahap. 
“Saat ini memang kami secara bertahap memasang jaringan fiber optik agar Kota Yogyakarta terlihat lebih bersih dan indah dipandang. Dimana dalam pengerjaannya peran tenaga teknis di lapangan dengan latar belakang Teknik Komputer dan Jaringan atau TKJ juga ikut membantu kami dalam kelancaran pemasangan,”katanya.
Pihaknya berharap, setelah kunjungan ini, Kabupaten Bondowoso juga bisa menerapkan dan terus mengembangkan teknologi informasi dan komputer seperti di Kota Yogyakarta.
Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bondowoso Provinsi Jawa Timur, Tohari mengungkapkan, akan mencontoh penataan sumber daya manusia yang telah dilakukan Diskominfosan Kota Yogyakarta.
Ia berharap, ke depannya penataan infrastruktur jalan menggunakan jaringan fiber optik juga dilaksanakan di Kabupaten Bondowoso Provinsi Jawa Timur. 

“Terimakasih atas ilmu yang sudah diberikan untuk kami, ke depannya kami akan mencontoh apa yang sudah dilakukan Kota Yogyakarta seperti perbaikan infrastruktur jalan menggunakan jaringan fiber optik dan menata sumber daya manusia yang ada. Semoga ke depannya Kabupaten Bondowoso bisa lebih baik lagi,”ungkapnya. (Hes)