Penerapan SPBE di Kota Yogya Dipelajari Kabupaten Mesuji

Umbulharjo – Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Dinkominfosan) Kota Yogyakarta menerima kunjungan kerja dari DPRD Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung. Dalam kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta, Ignatius Trihastono di Ruang Riset Kantor Dinkominfosan Kota Yogya, Rabu (15/05)

Dalam kunjungannya, perwakilan Anggota DPRD Iwan Setiawan menjelaskan bahwa DPRD Kabupaten Mesuji ingin belajar mengenai sistem komunikasi informatika dan persandian  di Kota Yogyakarta.

"Kunjungan kami ke Dinkominfosan Kota Yogya yang pertama untuk bersilaturahmi dan tentunya ingin belajar lebih mengenai pengelolaan sistem komunikasi, informatika dan persandian di Kota Yogyakarta," Ujarnya.

Ignatius Trihastono memperkenalkan Jogja Smart Service (JSS) sebagai salah satu inovasi terkini dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang dapat diakses oleh masyarakat umum.

Bahwa digitalisasi harus memberikan dampak yang signifikan dalam mempermudah akses masyarakat terhadap layanan pemerintah. Keberadaan JSS memungkinkan masyarakat mengakses layanan pemerintahan dari rumah menggunakan smartphone," Ujarnya.

Trihastono juga menekankan perlunya kajian yang mendalam sebelum mengimplementasikan inovasi baru dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik (SPBE).

"Pemahaman akan tingkat penggunaan smartphone di Kota Yogya sangat penting untuk memastikan bahwa digitalisasi dilakukan secara bijak dan masyarakat dapat dengan mudah beradaptasi dengan teknologi yang diterapkan," imbuhnya.

Iwan berharap setelah kunjungan dari Dinkominfosan Kota Yogya dapat membawa pengetahuan yang dapat diterapkan untuk kemajuan Kabupaten Mesuji.

"Kunjungan ini akan memberikan pengetahuan baru yang dapat diterapkan untuk kemajuan Kabupaten Mesuji. Ia berharap apa yang dipelajari dari Dinkominfosan Kota Yogya dapat menjadi fondasi bagi upaya pembangunan dan modernisasi di daerahnya," ujarnya. (Iqbal)