Pemkot Sediakan Wifi Gratis untuk Pelaku UMKM

Umbulharjo-Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominfosan) Kota Yogya akan memberikan fasilitas penyediaan wifi gratis bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di tempat kerja mereka.

Kepala Bidang Infrastruktur Telematika Diskominfosan Kota Yogya, Tutiek Susiatun mengatakan rencana ini baru akan dimulai pada tahun 2024 ini. Meski begitu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pelaku usaha ini jika menginginkan fasilitas ini. 

Pertama adalah tempat usahanya dekat dengan fasilitas milik Pemkot Yogya dan kedua ketersediaan perangkatnya juga disediakan oleh para pelaku usaha tersebut.

"Misal di dekat Kantor Kemantren Gondomanan, ada pelaku usaha yang menginginkan wifi gratis tersebut, kita akan bantu namun router wifi-nya dari para pemilik usaha. Sementara untuk jaringan internetnya nanti akan kita ambilkan dari fasilitas Pemkot terdekat," jelasnya di Balaikota, Rabu (17/1/2023).

Menurutnya saat ini internet sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Bukan hanya untuk berkomunikasi, melainkan juga untuk mendukung kegiatan ekonomi, terutama industri kreatif serta para pelaku UMKM.

Tutiek berharap dengan fasilitas ini dapat membantu pengusaha maupun pelaku UMKM di Kota Yogya. 

"Selain itu dengan adanya akses internet gratis ini juga akan menambah jumlah konsumen yang datang ke tempat tersebut. Tentunya layanan internet dengan wifi publik tersebut sudah disaring sehingga aman digunakan,” katanya.

Terkait jaringan wifi gratis, sampai saat ini akses wifi publik gratis ini milik Pemkot Yogya sudah tersebar di 1064 titik di seluruh Kota Yogya.

"Selain di ruang terbuka hijau publik (rthp), di sejumlah RW pun sudah bisa mengakses wifi gratis tersebut. Bahkan di tempat ibadah seperti masjid, gereja, dan mushala juga sudah ada layanan wifi publik gratis ini," katanya.

Keberadaan wifi publik gratis tersebut juga akan mempermudah masyarakat mengakses berbagai layanan publik dari Pemkot Yogya yang sebagian besar sudah bisa diakses secara daring.

"Siapa saja bebas mengakses internet di masing-masing titik ini, warga cukup datang ke tempat tersebut dan dapat memanfaatkan fasilitas dari Pemkot Yogya," ujarnya. (Han)