Kesiapan Sumber Daya Manusia untuk Pengembangan Teknologi Komputer dan Jaringan

Umbulharjo – Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Dinkominfosan) Kota Yogyakarta menerima kunjungan belajar dari SMK Islam Miftahul Ulum Kabupaten Nganjuk Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan pada Rabu (17/1).

Kepala Dinkominfosan Kota Yogyakarta Ignatius Trihastono mengatakan, sebagai siswa dan siswi SMK memang diproyeksikan untuk siap di dunia kerja untuk urusan teknis suatu bidang. Tapi menurutnya akan lebih luas lagi pengembangan karir di dunia kerja ketika melanjutkan studi untuk menunjangnya.

“Kami yakin teman-teman ini adalah calon pekerja yang sudah siap secara teknis, dengan bekal dasar-dasar soal pengembangan aplikasi maupun soal pemeliharaan jaringan. Tapi seiring berjalannya waktu dasar saja tidak cukup, perlu pengembangan lanjutan baik itu melaui perguruan tinggi maupun kelompok studi yang bisa mendukung peningkatan dan kemampuan dalam dunia teknologi informasi dan komputer,” terangnya.

Kunjungan studi dari SMK Islam Miftahul Ulum Kabupaten Nganjuk Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

Menurutnya proses penciptaan aplikasi Jogja Smart Service (JSS) juga tidak lepas dari keterlibatan tenaga teknis yang ahli di bidang teknologi informasi dan komputer. Untuk itu sumber daya manusia yang ahli di bidang tersebut harus terus disiapkan seiring kemajuan teknologi juga bergerak cepat.

“Teman-teman dari SMK ini juga punya peluang besar untuk menjadi bagian dari pengembangan aplikasi di pemerintahan. Untuk itu harapan kami teman-teman bisa dengan serius belajar dan mengembangkan diri sesuai passion di bidang teknologi informasi dan komputer. Untuk menghadirkan inovasi, seperti halnya aplikasi JSS yang saat ini sudah memiliki 156 layanan publik dan 57 layanan pemerintahan,” ujarnya.

Sejalan dengan itu Sekretaris Dinkominfosan Kota Yogyakarta Suciati Sah mengatakan, di wilayah Kota Yogya semuanya sudah terkoneksi dengan jaringan fiber optik yang dibangun secara bertahap di 134 titik. Di mana dalam pengerjaannya juga tidak lepas dari peran tenaga teknis di lapangan yang memiliki latar belakang Teknik Komputer dan Jaringan atau TKJ.

“Secara teknis di lapangan itu banyak peran dari teman-teman dengan latar belakang TKJ. Termasuk untuk pemasangan free WIFI di 1.064 titik di Kota Yogyakarta, setidaknya di setia RW itu warga bisa terhubung dengan hotspot publik secara gratis,” katanya.

Kunjungan dari SMK Islam Miftahul Ulum Kabupaten Nganjuk Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

Pihaknya juga berharap para siswa dan siswi SMK Islam Miftahul Ulum Kabupaten Nganjuk terus semangat mengembangkan diri untuk mencapai cita-cita yang diinginkan. Sehingga ilmu dan pengetahuan yang dimiliki bisa bermanfaat untuk dirinya juga masyarakat.

Sementara itu Kepala SMK Islam Miftahul Ulum Kabupaten Nganjuk Muammad Yalis menyampaikan terima kasih atas ilmu yang dibagikan oleh Dinkominfosan Kota Yogyakarta. Pihaknya berharap para muridnya bisa termotivasi, serta pengetahuannya bertambah tentang perkembangan teknologi komputer dan jaringan di sektor pemerintahan.

“Yogyakarta selain sebagai kota wisata juga kota pelajar yang menurut kami perkembangan teknologi informasinya juga sangat baik. Itulah alasan kami kenapa ingin belajar ke sini, terima kasih atas wawasan yang diberikan dan semoga ini bisa menjadi motivasi bagi para anak didik kami untuk kesiapan di dunia kerja ke depan ataupun studi lanjutannya,” ungkapnya. (Jul)