Kabupaten Kudus Pelajari Smart City di Yogya

 

Umbulharjo – Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Dinkominfosan) Kota Yogyakarta menerima kunjungan kerja dari Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kudus pada Selasa (9/1)  berkaitan dengan pengelolaan E-Government dan penerapan smart city di Kota Yogyakarta.

 

Sekretaris Dinkominfosan Kota Yogyakarta, Suciati Sah mengatakan Jogja Smart Service (JSS) merupakan super aplikasi yang ada di Kota Yogyakarta. Aplikasi ini telah masuk 11 nominasi United Nation of Public Service Award (UNPSA) 2024 dengan kategori inovasi pada Institusi Publik atau Innovation in Public Institutions dalam ajang penghargaan internasional paling prestisius dalam bidang pelayanan publik yang diselenggarakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

 

“Kehadiran aplikasi JSS di tahun 2018 berangkat dari visi untuk menyederhanakan layanan publik melalui digitalisasi dari layanan kependudukan, kesehatan, hingga penerbitan izin yang dibutuhkan oleh masyarakat. Jadi, JSS ini sebuah aplikasi agar masyarakat tidak kebingungan harus sign in diberbagai aplikasi, cukup dengan JSS bisa mengakses berbagai layanan,” jelasnya.

 

Layanan berbasis digital hadir sebagai inovasi untuk menjawab keresahan masyarakat dalam mengakses layanan publik. Suciati menegaskan aplikasi JSS diciptakan untuk memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat dengan menyederhanakan, memudahkan dan mempercepat pelayanan.

 

“Layanan publik yang ada di JSS sudah terintegrasi, jadi setiap perangkat daerah yang punya layanan ke masyarakat, dapat diakses melalui JSS. Jadi semuanya sudah terpusat, mulai dari data, server, dan jaringan. Jadi ada koordinasi dengan OPD yang punya layanan, supaya diintegrasikan di aplikasi JSS. Termasuk untuk kebutuhan internal pegawai Pemkot Yogyakarta,” tambahnya.. 

 

Sementara itu Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Kudus Rinduwan mengungkapkan, salah satu alasan pihaknya melakukan kajian ke Kota Yogyakarta karena pengelolaan E-Government dan penerapan smart city di Kota Yogyakarta sudah baik dan masuk nominasi di tingkat internasional.

 

“Kota Yogyakarta bagaimana inovasi Jogja Smart Service berjalan di Kota Yogyakarta dan menjadi unggulan. Kami berharap banyak hal yang kita diadopsi dan bisa dapat diadaptasi," ungkapnya.