Manfaatkan Media Sosial untuk Penyebaran Informasi Kegiatan Instansi

 

Umbulharjo - Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta menerima kunjungan kerja dari Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Banjarnegara - Jawa Tengah bersama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banjarnegara. Kunjungan tersebut diterima di Ruang Rapat Diskominfosan pada hari Jumat (3/11) yang bertujuan untuk melakukan studi banding dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya informasi Kabupaten Banjarnegara.

Plt Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Banjarnegara, Heri Setyobudi, S.T., ME selaku pimpinan rombongan kunjungan kerja Dinkominfo Kabupaten Banjarnegara diterima langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta, Tri Hastono.

Untuk menyikapi perubahan zaman dan perkembangan teknologi informasi yang berdampak besar terhadap arus penyebaran informasi, Kepala Diskominfosan Kota Yogyakarta, Ignatius Trihastono, mengakui pentingnya pemanfaatan media sosial masa kini, seperti penyebaran informasi melalui Instagram dan TikTok.

“Diskusi dan ide-ide penyajian informasi muncul dari berbagai pihak, termasuk dari teman-teman media sendiri. Untuk tim kreatif Diskominfosan tidak selalu formal, kami pun juga mengajak pelaku kreatif untuk menjadi narasumber yang nantinya dapat memberikan ide-ide baru mengingat saat ini roda distribusi media sosial bergeser ke reels Instagram,” ungkapnya.

Menghadapi perubahan pola komunikasi yang bergeser ke media online, pihaknya menyadari bahwa media sosial menjadi variabel penentu persepsi publik terhadap pemerintah karena warga masyarakat belum tentu paham dengan keadaan di lapangan.

Selain itu, untuk memaksimalkan penyajian informasi, Tri Hastono juga menyebutkan bahwa Diskominfosan mendorong setiap OPD untuk memproduksi konten berita dan merilis aktivitasnya sendiri sehingga penyampaian informasi akan lebih efektif. 
“Tidak harus semuanya dari Diskominfosan, jadi setiap OPD dapat menjadi humas bagi dirinya sendiri karena mereka wajib menyampaikan ke publik bahwa yang kita kerjakan itu seperti ini dan setiap OPD itu wajib untuk membangun persepsi positif publik,” ujar Tri Hastono.

 

Diskusi saat kunjungan Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Banjarnegara di Dinas Kominikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta

 

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfosan Kota Yogyakarta, Edy Sugiharto menambahkan bahwa keterlibatan media akan membantu keefektifan penyebaran informasi publik.
“Kami pun turut melibatkan teman-teman media untuk berkontribusi menyebarkan berita atau informasi kepada publik dengan harapan agar penyebaran informasi lebih efektif,” ungkapnya.

Menjalin hubungan baik dengan media juga menjadi cara yang penting untuk meningkatkan kapasitas sumber daya informasi. Media akan dilibatkan dalam beberapa event yang ada di Kota Yogyakarta untuk turut serta meliput dan menyajikan informasi ke publik.

Plt Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Banjarnegara, Heri Setyobudi, S.T., ME didampingi Ketua PWI Banjarnegara, Hendra Septa menyampaikan bahwa Diskominfosan Kota Yogyakarta mampu menyajikan berbagai informasi dari segala sudut yang mendorong pihaknya untuk meningkatkan kreativitas timnya.

“Untuk itu, kami bersama PWI Banjarnegara ingin belajar ke Kota Yogyakarta, ingin menimba ilmu tentang penyebaran informasi dan pemanfaatan media sosial,” ujarnya. (Adel)