Pusatkan Informasi Wilayah Kuatkan Ekosistem Digital

 

Umbulharjo - Dalam rangka mempelajari tentang penguatan ekosistem digital, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Sandi (Diskominfostandi) Kabupaten Mahakam Ulu Kalimantan Timur melaksanakan kunjungan Kerja ke Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta.

Kunjungan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 4 Oktober 2023 diterima oleh Sekretaris Diskominfosan Suciati Sah di Ruang Riset Diskominfosan Kota Yogyakarta. Melalui kunjungan ini Suciati Sah menerangkan beberapa inovasi yang dilakukan Pemerintah (Pemkot) Kota Yogakarta khususnya Diskominfosan dalam melaksanakan ekosistem digital.

 

Foto bersama Dinkominfosan Kota Yogyakarta dan Dinkominfostandi Kabupaten Mahakam Ulu

 

Ia memaparkan sistem informasi Pemkot yang terpusat di Aplikasi Jogja Smart Servis (JSS) mencakup data-data kependudukan yang telah disinkronkan dengan lembaga terkait serta layanan-layanan kependudukan yang dapat dilakukan di Pemkot Yogyakarta. “sistem kami jadi satu di JSS ini, sehingga masyarakat dapat mengakses dengan membuat akun di aplikasi ini,” Ujarnya.

Selain itu, Suci juga memberi saran kepada Diskominfostandi dalam rangka penguatan ekosistem digital dapat memusatkan informasi di setiap kecamatan jika kondisi geografis di Kabupaten Mahakam Ulu belum memungkinkan untuk terpusat di Pemkab.

Sedangkan Diskominfostandi Mahakam Ulu yang diwakili oleh Bulan Huvat selaku ketua Tim Kerja Statistik, Bidang Statistik dan Persandian Diskominfostandi Mahakam Ulu menyampaikan Terimakasih atas sambutan serta jamuan hangat dari Diskominfosan Yogyakarta.

 

Penyerahan cinderamata

 

Ia berharap Diskominfostandi Mahakam Ulu dapat belajar banyak dari Diskominfo Yogyakarta khususnya dalam peran dan fungsi bidang statistik dan persandian dalam mewujudkan ekosistem digital.

Kunjungan ini diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari Pemkot Yogyakarta berupa miniatur Tugu Jogja sebagai Simbol Landmark Kota Yogyakarta dan penyerahan gelang sebagai simbol persaudaraan dalam Suku Dayak. (Syi-a)