Akses Jaringan Free Hotspot Kini Lebih Nyaman

(Umbulharjo) Masyarakat terus dipermudah dalan mengakses layanan publik Pemerintah Kota Yogyakarta, salah satunya adalah dalam memanfaatkan layanan internet gratis Pemkot Jogja. Kini pengguna layanan tidak perlu melakukan login menggunakan ID dan kata sandi JSS secara berulang setiap kali menyambungkan gawainya ke jaringan Free Hotspot. Pengguna cukup login sekali menggunakan user dan katasandi JSS untuk memanfaatkan layanan Free Hotspot di manapun dan kapanpun

"Aspek kenyamanan pengguna menjadi pertimbangan kami. Masyarakat kini cukup sekali setting di awal lalu setiap memasuki area yang tercover jaringan Wifi Freehotspot JSS, gawai akan tersambung secara otomatis," kata Subkoordinator Kelompok Substansi Infrastrukur Jaringan Teknologi Informasi Dinas Kominfosandi Kota Yogyakarta, Gregorius Gede Wiranarada pada Rapat Koordinasi Diseminasi Informasi, Selasa (15/8/2023) di Ruang Rapat lantai 1 Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominfosandi) Kota Yogyakarta.

Perubahan ini sudah dilakukan secara bertahap sejak bulan Juni tahun 2023, mengikuti penyempurnaan aplikasi Jogja Smart Service yang semakin mendukung otentikasi pengguna melalui metode Single Sign On.

"Sebelumnya fitur ini sudah diterapkan di layanan jaringan internet khusus pegawai Pemkot, yaitu Wifi Segoromarto JSS. Kini fitur ini juga dicoba untuk diterapkan di layanan free hotspot untuk masyarakat. Perubahan disertai perubahan nama akses point dari Free Hotspot Pemkot Yogyakarta menjadi Freehotspot JSS," imbuh Greg.

Saat ini implementasi Wifi Freehotspot JSS sudah bisa dinikmati di setiap kantor pemerintahan di lingkungan Balai Kota, selanjutnya secara bertahap akan diterapkan di semua lokasi jaringan Free Hotspot.

"Layanan ini selain memberikan kenyamanan bagi warga juga tetap memperhatikan aspek keamanan informasi sesuai dengan panduan ISO 27001," tambah Greg.

Seting Freehotspot JSS pada gawai pengguna dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Membuka menu Wifi lalu memilih SSID Freehotspot JSS
  2. Mengisi beberapa parameter, antara lain:
    • Metode EAP : Pilih PEAP
    • Autentikasi tahap 2 : Pilih MSCHAPV2
    • Sertifikat CA : Pilih Jangan Validasi
    • Identitas : Ketik Username JSS
    • Identitas anonim : Dikosongkan saja
    • Kata sandi : Ketik Password JSS

Informasi lebih lanjut mengenai layanan Freehotspot JSS dapat dilihat di https://freehotspotjss.jogjakota.go.id