Diskominfosan Jamin Keamanan Informasi dan Tingkatkan Mitigasi Bencana

Umbulharjo – Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta, adakan simulasi penanggulangan tanggap cepat kebakaran yang diadakan di Kantor Diskominfosan, pada Jumat (28/7).

Simulasi tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta.

Kepala Bidang Infrastruktur Telematika Diskominfosan Kota Yogyakarta, Tutiek Susiatun mengatakan, simulasi tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan sebab-sebab terjadinya kebakaran dan pencegahan yang perlu dilakukan apabila terjadi kebakaran.

“Melalui simulasi kebakaran ini, diharapkan semua pegawai dapat memahami, bencana tidak pernah bisa diduga, sehingga para pegawai memiliki pengetahuan yang cukup dalam mengantisipasi dan menghadapi ketika ada bencana kebakaran,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Tutiek, simulasi tersebut juga bertujuan untuk pengajuan ISO 270001, yang merupakan sebuah standar Internasional dalam menerapkan Sistem Manajemen Kemanan Informasi.

“ISO 270001 berkaitan halnya dengan meningkatkan keamanan informasi dengan mengidentifikasi risiko, menerapkan kontrol yang tepat, dan memantau keamanan secara terus-menerus, juga memastikan kepatuhan terhadap persyaratan hukum dan regulasi terkait keamanan informasi,” ujarnya.