Sosialisasi Manajemen ASN untuk Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

Umbulharjo – Setiap ASN memiliki hak pengembangan kompetensi sebanyak 20 jam pelajaran (JP) setiap tahun.

Pelaksanaannya bisa dilakukan dengan pembelajaran mandiri, sesuai kompetensi yang mendukung tugas dan fungsi masing-masing.

Hal itu dikatakan Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Yogyakarta, Fatmah Rosyati, saat lakukan Roadshow Sosialisasi Manajemen ASN kepada pegawai Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta, pada Selasa (11/7) di Ruang Rapat Lantai 1.

Sekretaris BKPSDM Fatmah Rosyati, saat lakukan Roadshow Sosialisasi Manajemen ASN di Diskominfosan Selasa (11/7).

Pihaknya mengatakan, Manajemen ASN mencakup pengadaan ASN, pangkat dan jabatan, penggajian dan tunjangan, disiplin dan pemberhentian, serta pensiun dan tunjangan hari tua. Salah satu yang saat ini sedang difokuskan untuk penguatannya adalah pengembangan kompetensi, dengan memenuhi 20 JP per tahun.

“Pengembangan kompetensi ASN saat ini menjadi kebutuhan dan tuntutan kaitannya untuk meningkatkan kinerja, yang nantinya juga berdampak pada kesejahteraan dan pengembangan karier, dengan berbagai alternatif yang ada, harapannya ASN dapat memenuhi 20 JP itu,” jelasnya.

Sekretaris Diskominfosan Kota Yogyakarta, Suciati Sah.

Terutama bagi Jabatan Fungsional, yang sangat berpengaruh pada kenaikan pangkat, lanjutnya. 20 JP dapat ditempuh dengan banyak cara, baik itu melalui jalur pendidikan formal, jalur pelatihan klasikal, atau melalui pelatihan non klasikal yang juga bisa dilakukan mandiri.

“Setiap jalur pelatihan memiliki bobot nilai yang bisa dikonversikan untuk memenuhi 20 JP per tahun, tentu pelatihannya yang sesuai dengan kebutuhan tugas pokok dan fungsi setiap ASN. Mulai bulan Juli ini, BKPSDM juga akan memberikan apresiasi berupa konversi JPL bagi ASN berprestasi dalam ajang lomba tertentu,” tambahnya.

Pegawai Diskominfosan menjadi Peserta Roadshow Sosialisasi Manajemen ASN dari BKPSDM.

Sementara itu Sekretaris Diskominfosan Kota Yogyakarta, Suciati Sah mengatakan, dengan adanya sosialisasi tersebut, diharapkan para pegawai semakin memiliki kesadaran untuk inisiatif dalam memenuhi 20 JP per tahun, beserta kelengkapan administrasinya.

“Pengembangan kompetensi ASN akan berdampak pada pencapaian tujuan organisasi, peningkatan kinerja dan karier masing-masing, untuk itu ayo bersama-sama secara aktif memenuhi 20 JP,” tuturnya. (Jul)