Fotografi Penting untuk Promosi Keunggulan Wilayah

UMBULHARJO - Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominfosan) Kota Yogyakarta bersama Universitas Islam Indonesia (UII) tingkatkan kualitas website wilayah dengan menggelar Pelatihan Jurnalistik dengan materi fotografi. Pelatihan ini diikuti sebanyak 20 admin website perwakilan kelurahan di Kota Yogyakarta di Ruang Laboratorium Komputer Dinas Kominfosan pada Selasa (7/3).

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfosan, Edy Sugiharto menyampaikan website kelurahan memiliki peranan penting dalam mengenalkan potensi dan keunggulan yang dimiliki wilayah.

“Potensi dan kegiatan di wilayah cukup banyak namun belum semua diketahui oleh masyarakat. Melalui pelatihan jurnalistik ini, admin website kelurahan diharapkan dapat memberikan informasi yang faktual, aktual dan menarik. Untuk kegiatan kali ini admin website akan mempelajari fotografi, bagaimana mengambil gambar yang menarik dan dapat menginterpretasikan kegiatan sesuai kaidah foto jurnalistik," terangnya.

Narasumber sekaligus Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi UII, Ida Nuraini Dewi Kodrat Ningsih menjelaskan satu gambar bisa merubah nasib satu kelompok atau satu bangsa bahkan satu dunia. Dengan menampilkan foto yang menarik di website maka akan membantu dalam mempromosikan suatu wilayah.

"Bapak-ibu bisa mengambil gambar dengan menarik tentang potensi yang ada di wilayah kemudian dipublikasikan di website bisa menjadi salah satu gerakan untuk mempromosikan wilayah tersebut. Apabila dilakukan terus menerus dan masif bisa membuat orang-orang di luar sana tertarik dan ingin mengenal wilayah bapak-ibu sekalian," ujarnya.

Ida juga menjelaskan keindahan dalam foto jurnalistik adalah bonus namun bisa menggambarkan peristiwa yang ada dengan jelas. Hal yang terpenting dalam foto jurnalistik yakni mengandung keluarbiasaan, informasi dan human interest.

Sementara itu, Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi UII, Narayana Mahendra Prastya menjelaskan caption dalam foto sangat penting untuk menjelaskan peristiwa yang tergambar lebih dalam. "Caption foto selain menjelaskan peristiwa yang tergambar dapat menceritakan hal lain yang masih berhubungan dengan foto tersebut," tambahnya. (Chi)