Tulungagung Timba Ilmu Aduan Lewat Aplikasi yang Dikembangkan Pemkot Yogya


Umbulharjo - Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta menerima kunjungan dari Ketua Komisi D Kabupaten Tulungagung Abdullah Ali Munib dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tulungagung Samrul Fuad, Jumat (3/2) di Ruang Riset Lantai 2 Diskominfosan Kota Yogyakarta.

Kunjungan kali ini Kabupaten Tulungagung ingin menimba ilmu mengenai Pengelolaan Pengaduan Melalui Sistem Aplikasi yang ada di Jogja Smart Service (JSS). Kegiatan ini disambut baik oleh Sekretaris Diskominfosan Kota Yogyakarta Suciati Sah dan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Edy Sugiharto.

Hingga saat ini Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Diskominfosan Kota Yogyakarta terus mengembangkan aplikasi JSS untuk kenyamanan masyarakat Kota Yogyakarta agar dapat membantu dalam pelayanan publik secara langsung / luring, maupun secara daring.

Terutama pelayanan UPIK yang merupakan fasilitas bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan, pertanyaan, informasi, maupun usulan atau saran guna pengembangan pelayanan Pemerintah Kota Yogyakarta dan pembangunan Kota Yogyakarta.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Edy Sugiharto mengungkapkan, didalam aplikasi JSS terus dikembangkan, terutama dalam Pengelolaan Pengaduan Melalui Sistem Aplikasi.

Dimana sebelum adanya JSS, sistem pengaduan dari warga ke pemerintah menggunakan SMS. Sedangkan saat ini sudah menggunakan aplikasi JSS.
 
"Aplikasi JSS ini terus dikembangkan walaupun dengan sms kami masih bisa. Hanya saja lebih mudah menggunakan aduan melalui JSS yang berbasis GPS. Lebih memudahkan di titik lokasi kejadian yang butuh diselesaikan persoalannya," ujarnya.

Selain itu, tambahnya dengan aplikasi JSS juga dapat memudahkan tim teknis untuk menuju ke lokasi. Hingga saat ini aplikasi JSS memiliki 229 aplikasi yang diikuti oleh 217.549 jiwa diantaranya warga Kota Yogyakarta 111.269 jiwa dan warga luar kota sebanyak 106.380 jiwa.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Tulungagung Samrul Fuad mengatakan, kunjungan ini sangat membantu perkembangan Kabupaten Tulungagung dalam peningkatan inovasi digital.

" Kami sangat terbantu, Diskominfosan Kota Yogyakarta memberikan informasi yang sangat menarik terutama dalam pengelolaan layanan dan aduan secara digital. Semoga bisa berkunjung lagi dan segera menerapkan di Kabupaten Tulungagung," jelasnya. (Hes)