DPRD Madiun Pelajari Literasi Digital di Kota Yogya

Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta mendapatkan kunjungan dari Pansus III DPRD Kota Madiun pada Selasa Ruang  (14/2) di Ruang Riset Lantai 2 Diskominfosan. Rombongan Pansus III DPRD Kota Madiun yang dipimpin oleh Wakil Ketua Pansus III DPRD Kota Madiun Handoko Budi Setyo diterima Kepala Diskominfosan Kota Yogyakarta Tri Hastono dan Kepala Bagian Umum dan Protokol Setda Kota Yogyakarta Afia Rosdiana. Tujuan dari kunjungan ini untuk studi bunding mengenai inovasi dalam sistem informasi dan literasi digital yang telah terlaksana di Pemerintah Kota Yogyakarta. 


Seperti diketahui Kota Yogyakarta memiliki perkembangan yang pesat dalam teknologi informasi melalui inovasi seperti ketersediaan CCTV di  200 titik lokasi, pengembangan aplikasi di Jogja Smart Service (JSS), pengeloaan jaringan dan berbagai inovasi lainnya. Dengan banyaknya inovasi dari Kota Yogyakarta, menjadikan DPRD Kota Madiun antusias untuk berkunjung dan melakukan studi lebih lanjut tentang inovasi literasi media terutama untuk pelaku UMKM.


Kepala Diskominfosan Kota Yogyakarta Tri Hastono mengatakan di era globalisasi seperti ini programming sangat berperan penting untuk sebuah inovasi. Salah satu upaya untuk bergerak diantaranya Diskominfosan memanfaatkan sumberdaya manusia yang telah ada dengan merekrut programmer untuk memberikan lapangan pekerjaan serta meminimalisir anggaraan. Selain itu, juga mengadakan pelatihan bagi generasi-generasi muda untuk dapat memulai belajar programming agar nantinya siap  menghadapi era sekarang ini. 


Bukan hanya itu, Kota Yogyakarta juga memberikan fasilitas berupa wifi publik yang dapat digunakan oleh warga yang diharapkan dapat memberikan kebebasan untuk terus mengakses dan belajar terhadap inovasi-inovasi yang akan muncul. "Dengan adanya wifi ini diharapkan dapat bermanfaat bagi warga Kota Yogya. Selain itu di wilayah sekolah-sekolah negeri pun telah sepenuhnya didukung fasilitas seperti ini, dan juga menyusul agar segera sempurna untuk layanan terhadap sekolah swasta," kata Tri Harsono.
Sementara itu, Handoko Budi Setyo mengungkapkan dengan kunjungan ini merasa sangat terbantu melalui perbincangan dan tukar pemikiran bersama Diskominfosan Kota Yogyakarta. Menurutnya di Kota Madiun sendiri masih tidak seperti Kota Yogyakarta jika melihat dari kesiapan sumberdaya manusianya. “Semoga dari kunjungan studi banding ini di Kota Yogyakarta dapat untuk diaplikasikan ke lingkungan kami,”jelasnya. (Barz)