Kagum dengan Layanan Internet Gratis di Pemkot Yogya, DPRD Kota Metro Sambangi Diskominfosan

Umbulharjo-Ingin mengetahui tentang layanan internet gratis di Pemerintah Kota Yogyakarta, Komisi I DPRD Kota Metro Provinsi Lampung mengadakan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta.

Pimpinan rombongan kunjungan tersebut, Didik Isnanto mengatakan bahwa ia dan rombongan ingin belajar dan mengetahui bagaimana Diskominfosan Kota Yogyakarta dalam pengadaan anggaran internet gratis di Kota Yogyakarta. 

"Kami ingin belajar mengenai pelayanan internet gratis bagi masyarakat" ujarnya di ruang rapat Diskominfosan, Kamis (2/2/2023)

Sementara itu Kepala Diskominfosan Kota Yogyakarta, Trihastono mengatakan bandwitdh internet yang dibutuhkan di lingkungan Pemkot Yogyakarta mencapai 5.618 MBPS.

"5.618 MBPS tersebut terbagi menjadi beberapa tempat seperti 2000 MBPS untuk komplek Balaikota, luar Balaikota, dan untuk free wifi, 1800 MBPS untuk internet di 310 balai RW" tandasnya.

Saat ini, lanjutnya, sudah terpasang 900 an titik WIFI publik dengan spesifikasi kecepatan dan jangkauan yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu sekitar 10-15 Mbps per titik.

"Dan sisanya untuk layanan perpustakaan, layanan subdomain, gedung DPRD, dan pendidikan seperti di SD dan SMP," bebernya.

Pihaknya menegaskan akan terus memantau kondisi wifi publik di seluruh titik. "Kami akan langsung memperbaiki ketika ada titik wifi yang mengalami gangguan atau mati," ungkapnya.

Layanan WIFI publik tersebut juga mendukung pemanfaatan aplikasi Jogja Smart Service (JSS) yang dimiliki Pemerintah Kota Yogyakarta untuk berbagai layanan publik yang bisa diakses secara daring.

Terkait dengan anggaran, menurutnya anggaran bukan halangan untuk terus meningkatkan pelayanan WiFi publik di Kota Yogyakarta.

Selama ini, katanya, pihak swasta selalu dilibatkan melalui program CSR guna membantu penyediaan WiFi publik.

Pihaknya pun mencontohkan, dari sekitar 900an WiFi publik yang terpasang, hanya sebagian yang dibiayai APBD Kota Yogyakarta. (Han)