Kehadiran aplikasi JSS Mudahkan Warga Yogya Akses Layanan Publik

Umbulharjo - Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta menerima kunjungan kerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tulungagung, Selasa (20/12) di Ruang Rapat Kantor Diskominfosan Kota Yogyakarta. Kunjungan DPRD Kota Tulungagung kali ini bertujuan untuk mengetahui sistem digitalisasi dan keterbukaan informasi public yang ada pada Diskominfosan Kota Yogyakarta. Selain mendapatkan ilmu diharapkan melalui kunjungan ini juga dapat terjalin silaturahmi antara Diskominfosan Kota Yogyakarta dengan DPRD Kota Tulungagung.

Kepala Bidang Infrastruktur Telematika Diskominfosan Kota Yogyakarta, Tutiek Susiatun mengatakan bahwa dari tahun 2013 Pemkot Yogyakarta sudah mulai membangun jaringan Fiber Optik, kemudian pemerintah juga memberikan fasilitas layanan Wifi di beberapa kelurahan, Balai Desa, sekolahan dan juga memasang CCTV di beberapa titik di tempat umum sehingga memudahkan ketika terjadi masalah. Selain CCTV, Pemkot Yogyakarta juga mempunyai satu aplikasi yang dimanfaatkan untuk layanan masyarakat, yakni Jogja Smart Service (JSS).

“Jadi dari tahun 2013 Pemkot Yogyakarta sudah mulai membangun Jaringan Fiber Optik dan juga pemkot memberikan fasilitas layanan Wifi gratis di beberapa kelurahan, balai desa hingga ke sekolah. Pemkot juga memasang CCTV di beberapa titik di tempat umum sehingga memudahkan untuk melihat jika terjadi apa apa. Jadi kami juga ingin menyampaikan bahwa pemkot memiliki satu aplikasi yang bisa di manfaatkan untuk layanan masyarakat yaitu JSS. “ ujar Tutiek Susiatun.

Dalam kunjungan tersebut, peserta kunjungan menyaksikan Fitur layanan yang terdapat di Jogja Smart Service (JSS) serta cara mengakses layanan melalui aplikasi JSS. Pada kesempatan ini, Tutiek juga memberikan informasi bahwa aplikasi resmi Pemerintah Kota Yogyakarta hanya JSS saja, dimana aplikasi JSS berisikan banyak layanan yang bisa diakses secara gratis oleh masyarakat.


Suprapto, selaku anggota DPRD Kota Tulungagung, mengapresiasi sistem layanan publik yang ada di Pemerintah Kota Yogyakarta, terutama kehadiran JSS. Dengan adanya JSS, semua akses layanan publik dapat diakses dengan mudah.

“Saya pikir sistem layanan masyarakat yang ada di kota Yogyakarta ini sudah sangat bagus, mungkin kedepannya Tulungagung bisa menerapkan pelayanan masarakat sama seperti kota Yogyakarta, terutama dengan adanya aplikasi JSS yang cukup jelas dan mudah diakses oleh masyarakat,” ujar Suprapto. (Zein)