Penyebarluasan Informasi Publik di Kota Yogya Sasar Semua Kalangan

Umbulharjo - Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta menerima kunjungan kerja Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indramayu yang dipimpin oleh Turah selaku Wakil Ketua Komisi IV DPRD  Kabupaten Indramayu, Kamis (22/12) di Ruang Riset Kantor Diskominfosan Kota Yogyakarta. 


Kunjungan Komisi IV DPRD  Kabupaten Indramayu  ini bertujuan untuk sharing perihal keterbukaan informasi publik yang ada di Diskominfosan Kota Yogyakarta. Selain mendapatkan ilmu diharapkan melalui kunjungan ini juga dapat terjalin silaturahmi antara Disominfosan Kota Yogyakarta dengan Komisi IV DPRD  Kabupaten Indramayu.
Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfosan Kota Yogyakarta, Edy Sugiharto mengatakan pada bidang layanan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfosan Kota Yogyakarta, terdapat tiga kelompok substansi yang saling bersinergi satu sama lain. Yaitu Kelompok Substansi Layanan Informasi dan Pengaduan, Kelompok Substansi Humas dan Publikasi, dan Kelompok Substansi Pengelolaan Informasi.


“Jadi Bidang IKP itu menjadi wadahnya humas dan publikasi dengan tiga kelompok substansi yang saling mendukung,” katanya. 


Dalam bidang kehumasan terutama pada penyampaian informasi, Diskominfosan Kota Yogyakarta memiliki berbagai platform untuk menyebarluaskan informasi publik, seperti Instagram, Youtube, Facebook, aplikasi Jogja Smart Services (JSS), website dan TV Jaringan. Diharapkan semua kanal informasi tersebut bisa optimal dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat dan khalayak yang lebih luas. 


Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Indramayu, Alam Sukmajaya mengapresiasi adanya kelompok–kelompok substansi yang dimiliki oleh Diskominfosan Kota Yogyakarta, dimana baik tim pengelola informasi dan publikasi informasi saling bersinergi satu sama lain.


“Jogja memang selalu terdepan dalam konteks informasi dalam mengelola informasi dan juga inovasi dalam ranah informasi dan teknologi,” ujar Alam Sukmajaya. (Zein)