Laboratorium Komputer Dinkominfosan Dukung Literasi Digital Warga Kota Jogja

Umbulharjo – Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Dinkominfosan) Kota Yogyakarta resmikan laboratorium komputer pada Senin (26/12).

Laboratorium komputer tersebut merupakan tempat yang nantinya bisa diakses oleh masyarakat umum, kaitannya sebagai media pembelajaran mengenai dunia informasi dan teknologi digital. Bangunan laboratorium komputer yang memanfaatkan eks kantor KPRI Wiwara ini mulai direnovasi pada bulan Oktober lalu.

Kepala Dinkominfosan Kota Yogyakarta Ignatius Trihastono mengatakan, laboratorium komputer tersebut nantinya tidak hanya dapat digunakan dan diakses oleh internal Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta saja, tapi juga warga masyarakat umum yang ada di Kota Jogja.

“Pada hari ini 26 Desember 2022 merupakan momen yang ditunggu-tunggu kita semua, di mana ruangan atau laboratorium komputer yang memiliki semangat pintar ini sudah selesai dikerjakan dan segera siap untuk digunakna serta difungsikan sebagaimana mestinya,” jelasnya.

Nantinya laboratorium komputer ini, lanjut Ignatius Trihastono tidak hanya dapat dimanfaatkan dan digunakan oleh internal Pemkot Yogyakarta saja, tapi warga dan masyarakat umum juga bisa mengaksesnya untuk mendukung literasi digital masyarakat.

“Ini merupakan ruang laboratorium komputer yang nanti tidak hanya digunakan internal Pemkot Yogyakarta saja, tapi juga oleh warga masyarakat untuk lebih mengenal potensi-potensi teknologi digital. Bisa dikatakan ruangan ini adalah ruangan yang bertujuan untuk lebih meningkatkan literasi terkait dengan aspek digital di Kota Jogja,” tambahnya.

Dalam laboratorium komputer tersebut akan tersedia 21 bilik dengan seperangkat monitor dan komputer serta jaringan internet yang bisa diakses oleh masyarakat. Sudah lengkap dengan pendingin ruangan dan desain interior modern yang bisa membuat pengunjung merasa nyaman selama berkegiatan.

Setelah peresmian ruang laboratorium komputer tersebut nantinya akan diinformasikan lebih lanjut mengenai alur dan prosedur bagaimana cara mengakses layanan secara lengkap. (Jul)