Digitalisasi Penanganan Aduan Masyarakat Melalui JSS

UMBULHARJO - Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta menerima studi lapangan dari Amikom Yogyakarta, Rabu (21/12) di Ruang Diskominfosan Lantai 1, Balaikota Yogyakarta.

Dosen Amikom Yogyakarta Prodi Ilmu Pemerintahan Ferri Wicaksono berharap, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Diskominfosan  Kota Yogyakarta terus memberikan informasi transparan bagi warga Kota Yogyakarta melalui Jogja Smart Service (JSS).

"Sangat antusias sekali kunjungan kali ini kita belajar banyak terutama dalam pemanfaatan digital untuk memberikan informasi kepada warga Kota Yogyakarta melalui JSS. Sehingga mahasiswa diharapkan melek dan dapat memanfaatkan secara maksimal penggunaan digitalisasi," ujar Ferri saat sambutan.

Selain belajar mengenai berbagai macam terobosan digitalisasi di Diskominfosan Kota Yogyakarta. Rombongan diberikan informasi, bahwa apikasi JSS sudah terintegrasi ke OPD terkait dalam menangani proses aduan masyarakat.

"Kita bisa melihat bagaimana kepuasan publik dalam proses aduan yang hanya dari genggaman melalui aplikasi JSS. Selain itu juga saat pelayanan aduan pun secara transparan," katanya.

Selain itu, Ferri berharap, Diskominfosan Kota Yogyakarta semakin komitmen untuk membawa Kota Yogyakarta melek akan digitalisasi dan mahasiswa turut berkontribusi dalam program digitalisasi.

Sementara itu, Kepala Diskominfosan Kota Yogyakarta Tri Hastono mengatakan, adanya transparansi informasi yang diberikan oleh pemerintah ke masyarakat. contohnya saja aduan mengenai jalan yang lobang, adanya bentuk kekerasan dan lain sebagainya.

"Pemerintah terus memberikan informasi transparan, salah satunya mengenai data. Pola digitalisasi inilah yang bisa selaras dengan era modern saat ini. Harapannya informasi transparent ini dapat dan berguna bagi masyarakat.

Ia mengungkapkan, kunjungan ini diharapkan dapat memberi inspirasi kepada mahasiswa bahwasannya informasi mengenai Pemkot Yogya secara transparan, mudah dan cepat dapat dilihat langsung di JSS, sehingga kapanpun dimanapun dapat diakses. (Hes)