Diskominfosan Kota Yogya Miliki Tim Pengawasan Keamanan Data Informasi

Umbulharjo - Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta menerima kunjungan kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya. Rombongan dipimpin Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya Asep Maman Permana dan diterima oleh Sekretaris Diskominfosan Kota Yogyakarta, Suciati Sah di Ruang Riset Kantor Diskominfosan Kota Yogyakarta pada Jumat (9/12).

Asep Maman Permana menyampaikan tujuan kunjungannya ke Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta untuk studi komparasi tentang pembangunan jaringan mandiri, pengembangan aplikasi, keamanan data dan informasi, dan pengelolaan pusat data. Selain itu juga untuk mendapatkan ilmu yang diharapkan melalui kunjungan tersebut juga terjalin silaturahmi antara Pemerintah Kota Tasikmalaya dengan Pemerintah Kota Yogyakarta.

“Kami melihat pembangunan jaringan mandiri di Kota Yogyakarta seperti manajemen bandwidth dan juga pengelolaan pusat data yang cukup baik. Tak hanya itu terkait keamanan data dan informasi di Kota Yogya sudah baik. Oleh karena itu kami ingin mengetahui bagaimana sistem, cara kerja, pengendalian hal tersebut yang dilakukan oleh Kota Yogyakarta ini,” ujar Asep Maman Permana.

Sekretaris Diskominfosan Kota Yogyakarta, Suciati Sah menjelaskan mengenai layanan aplikasi berbasis digital Jogja Smart Service (JSS). Pada awal peluncuran tahun 2018  hanya berupa aplikasi yang cukup sederhana. Kemudian Diskominfosan Kota Jogja melakukan riset dan terus melakukan pengembangan pada aplikasi tersebut hingga saat ini terdapat 229 layanan di dalam JSS.

Dalam pengelolaan jaringan mandiri, Suciati Sah mengungkapkan untuk manajemen bandwidth juga menggunakan Internet Service Provider (ISP). Untuk tiang ISP hanya memakai tiang yang sudah ada namun jika belum ada solusinya harus menanam tiang ISP terlebih dahulu.

“Penataan dan pengendalian jaringan juga disesuaikan dengan kondisi, situasi dan anggaran yang ada di dinas. Pada pelaksanaannya, kami memiliki Tim Pengawasan dan Pengendalian terkait pengelolaan pusat data hingga perihal keamanan data dan informasi di Kota Yogya. Dalam tugasnya Tim ini akan  melaksanakan pengawasan, pengendalian serta melakukan monitoring dan evaluasi secara komprehensif,” jelasnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya Asep Maman Permana menambahkan pihaknya tidak salah kami datang ke Kota Yogyakarta yang sudah sangat berpengalaman untuk belajar tentang pembangunan jaringan mandiri. “Ilmu yang luar biasa ini dan dalam setiap kunjungan kerja kami ke daerah lain, apa yang didapat pasti akan kami tindak lanjuti serta kami ujicoba di setiap SKPD,” ujar Asep.