Kehadiran MPP dan JSS Mudahkan Warga Yogya Akses Layanan Publik

Umbulharjo - Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta menerima kunjungan kerja Dinas Komukasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang yang dipimpin oleh Anton Riyanto selaku Kepala Bidang Statistik dan Pemberdayaan TIK Diskominfo Kota Tangerang, Kamis (8/12) di Ruang Riset Kantor Diskominfosan Kota Yogyakarta. Kunjungan Diskominfo Kota Tangerang kali ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja Diskominfo Kota Tangerang perihal keterbukaan informasi public yang ada pada Diskominfosan Kota Yogyakarta. Selain mendapatkan ilmu diharapkan melalui kunjungan ini juga dapat terjalin silaturahmi antara Disominfosan Kota Yogyakarta dengan Diskominfo Kota Tangerang.

Sekretaris Diskominfosan Kota Yogyakarta, Suciati Sah mengatakan bahwa pelayanan public seperti pajak, SIM, KTP yang ada di Kota Yogyakarta terpusat di Mall Pelayanan Publik (MPP) kota Yogyakarta. Sedangkan untuk pelayanan secara daring, dapat diakses melalui aplikasi Jogja Smart Services (JSS).

“Jadi semua layanan ada di MPP, baik itu SIM, KTP, pajak, dan lain sebagainya ada di MPP. Begitu juga dengan PPID-nya, banyak orang yang datang ke MPP, lalu untuk layanan PPID secara daring, dapat diakses melalui aplikasi JSS,” jelas Sekretaris Diskominfosan Kota Yogyakarta, Suciati Sah.

Dalam kunjungan tersebut, peserta kunjungan menyaksikan video layanan PPID yang terdapat di Mall Pelayanan Publik serta cara mengakses layanan PPID melalui aplikasi JSS. Pada kesempatan ini, Suci juga memberikan informasi bahwa aplikasi resmi Pemerintahan Kota Jogja hanya JSS saja, dimana aplikasi JSS berisikan banyak layanan yang bisa diakses secara gratis oleh masyarakat.

Anton Riyanto, selaku Kepala Bidang Statistik dan Pemberdayaan TIK Diskominfo Kota Tangerang, mengapresiasi sistem layanan publik yang ada di Pemerintahan Kota Yogyakarta. Terutama kehadiran MPP dan JSS, dengan adanya MPP dan JSS, semua akses layanan publik dapat diakses dengan mudah.

“Saya pikir ini informasi yang sangat menarik, mungkin hal ini bisa kami diskusikan lagi bersama tim kami, terutama dengan adanya Mall Pelayanan Publik dan aplikasi JSS yang cukup jelas dan mudah diakses oleh masyarakat,” ujar Anton. (faj)