Kabupaten Agam Studi Banding Penguatan Jaringan Internet Publik di Kota Yogya 

Umbulharjo – Komisi III DPRD Kabupaten Agam Provinsi Sumatra Barat mengadakan kunjungan kerja dalam rangka melaksanakan tugas pokok dan fungsi di bidang pembangunan dan lingkungan ke Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta.

Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari  materi daya dukung anggaran penguatan jaringan internet dan seluler di Kota Yogyakarta untuk diterapkan di Kabupaten Agam. 

Rombongan dipimpin oleh Zulhefi selalu ketua komisi III DPRD Kabupaten Agam Provinsi Sumatra Barat diterima oleh Kepala Dinas Kominfosan Kota Yogyakarta, Ig Tri Hastono, Rabu (7/12) di Ruang Riset Dinas Kominfosan Kota Yogyakarta.

Kepala Diskominfosan Kota Yogyakarta, Ig Tri Hastono menjelaskan bahwa di Kota Yogyakarta terdapat layanan alternatif berbasis digital yang menjadi dasar aplikasi Jogja Smart Service (JSS) yang sudah ada sejak tahun 2018. Hingga saat ini sudah ada 229 layanan yang ada di dalam JSS dengan fungsi untuk mempermudah masyarakat melakukan segala sesuatu dengan melalui media digital. 

"Selain pembuatan JSS, terdapat sebanyak 1000 wifi yang ditempatkan di masing-masing RW sejumlah 1 wifi per RW. Saat ini terdapat 1045 titik wifi yang berada di luar kelurahan dan di 935 RW se Kota Yogyakarta. Untuk mendukung keamanan di masyarakat  kurang lebih 200 CCTV sudah terpasang, 103 diantaranya adalah CCTV publik yang dapat diakses masyarakat. Dengan begitu kita dapat memantau kondisi jalan di berbagai titik yang terdapat CCTV tersebut salah satunya di Titik Nol Malioboro yang menjadi pusat keramaian,"ujarnya. 

Sementara itu Zulhefi mengatakan DPRD Kabupaten Agam akan membahas terkait anggaran penguatan jaringan internet dan seluler namun memiliki kendala. Untuk itu perlu belajar dari Kota Yogyakarta yang telah berhasil menerapkannya.

"Meskipun sebagian besar masyarakat sudah dapat mengakses internet dan memiliki telepon seluler namun kami tetap akan melakukan  pemanfaatan anggaran untuk menguatkan jaringan internet. Kami berharap bisa belajar dan berinovasi agar penguatan jaringan ini berdampak positif bagi masyarakat dalam mengakses berbagai informasi," katanya.