Pemkot Dumai Belajar Aplikasi Terintegrasi di Kota Yogya

 

Jajaran Perencana Evaluasi dan Pelaporan (PEP) Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai melakukan kunjungan kerja dan bimbingan teknis ke Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (kominfosan) Kota Yogyakarta dalam rangka sharing dan mempelajari pengelolaan berbagai aplikasi yang terintegrasi.

Rombongan yang dipimpin oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (kominfotiksan) Kota Dumai, Khairil Adum diterima oleh Kepala Dinas Kominfosan Kota Yogyakarta, Tri Hastono, Kamis (24/11/2022) di Ruang Rapat Lantai 1 Dinas Kominfosan.

Kepala Dinas Kominfotiksan Kota Dumai, Khairil Adum mengatakan, program ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan perserta Bimtek dalam bidang pengelolaan aplikasi dan sistem informasi yang terintegrasi.

"Masyarakat Kota Dumai melakukan kunjungan di Kota Yogyakarta ini untuk sharing ilmu dan bagaimana mengintegrasikan aplikasi – aplikasi yang ada dari Kota Dumai sebanyak 36 aplikasi," ujar Khairil. 

Dalam program sharing tersebut, Khairil juga mengatakan aplikasi yang dicoba dan dikembangkan Kota Dumai adalah Sistem Layanan Adminduk Warga Secara Online (Si- LAWO) yang merupakan replikasi sistem pemerintah berbasis Elektronik (SPBE). Aplikasi ini bertujuan untuk melayani seluruh masyarakat Kota Dumai melalui laman website.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Yogyakarta Ignasius Tri Hastono juga memaparkan penggunaan aplikasi Jogja Smart Services (JSS) kepada forum yang hadir pada sosialisasi tersebut. Dalam aplikasi JSS, masyarakat dapat melihat data – data yang berhubungan dengan Kota Yogyakarta yang dapat diakses melalui digital smartphone dari jarak jauh. 

"Dengan membuat berbagai aplikasi yang bersifat lokal memudahkan masyarakat untuk mengakses segala sesuatu". ujar Tri Hastono. (Veb)