DPRD Bondowoso Kagum dengan Smart City di Kota Yogyakarta 

Umbulharjo-Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta menerima kunjungan kerja dari Komisi I DPRD Kabupaten Bondowoso. Ketua rombongan Ahmad Dhafir mengatakan kunjungan tersebut dalam rangka menambah wawasan dan menggali informasi tentang smart city di Kota Yogyakarta.

Pihaknya berharap berbagai informasi yang sudah didapatkan tersebut dapat menjadi contoh untuk dikembangkan di Kabupaten Bondowoso. Kunjungan yang diikuti 10 orang tersebut diterima oleh Sekretaris Diskominfosan Kota Yogyakarta Suciati Sah di ruang riset, Jumat (11/11/2022).

Pada kesempatan tersebut, Suciati menjelaskan bahwa Pemkot Yogya memiliki aplikasi yang dinamakan Jogja Smart Service (JSS), yang bisa di unduh oleh masyarakat melalui Playstore dan Apple Store.

Dengan satu aplikasi JSS ini, lanjutnya, masyarakat bisa dengan mudah dan cepat mengakses pelayanan di Kota Yogyakarta. “Jadi JSS ini adalah Balaikota Yogya di duniamaya, JSS ini bisa memberikan pelayanan sebagaimana Balaikota didunia nyata, semua layanan bisa tuntas melalui JSS.” jelasnya.

Aplikasi JSS dibangun untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh berbagai informasi tentang Pemkot Yogya hingga penyampaian aduan atau permintaan layanan kegawatdaruratan.

Ditegaskannya, pengembangan smart city di Kota Yogya diarahkan untuk memudahkan dan meningkatkan berbagai pelayanan masyarakat serta membantu mengelola sistem kepemerintahan yang lebih modern, transparan dan akuntabel.

Pengembangan JSS tak hanya layanan untuk administrasi kepemerintahan, namun juga berbagai aspek lain, seperti bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, keamanan, sosial kemasyarakatan, hingga pemberdayaan ekonomi.

“Termasuk untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata dan yang terkait seperti hotel, restoran, kuliner dan lainnya yang menjadi salah satu andalan bagi Kota Yogya,” ungkapnya. (Han)