Pelatihan GTA Ciptakan SDM Melek digital

Umbulharjo - Sebanyak 237 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta telah selesai mengikuti pelatihan Government Transformation Academy (GTA) yang diselenggarakan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawas, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM (BPPSDM) Kementerian Komunikasi Informatika RI yang dilaksanakan pada 31 Oktober hingga 4 November 2022.

Perwakilan Pokja GTA Pusdiklat Balitbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Yuliar Magdalena Zega menyampaikan, apresiasi atas antusiasme seluruh peserta pelatihan GTA dalam mengikuti kelas.

"Pelatihan GTA di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta, kami dari pengajar dan panitia merasa senang dengan antusiasme peserta yang terbukti dari kehadirannya, pengerjaan tugas yang cepat dan bagus," ujar Zega.

Kegiatan ini telah terlaksana selama lima hari di berbagai instansi Pemkot Yogyakarta diantaranya Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dengan materi pelatihan Cyber Security Essentials, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang dengan materi Data Science Fundamental, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  (BKPSDM) dengan materi Junior Office Operator, Dinas Lingkungan Hidup dengan materi Manajemen Resiko SPBE, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta dengan materi pelatihan Social Media Analyst dan Bagian Organisasi Setda dengan materi Junior Graphic Design.

Meskipun di awal pelatihan terdapat kendala, hal tersebut bisa segera teratasi. Zega berharap, pelayanan publik di Pemerintah Kota Yogyakarta semakin meningkat, semakin maju dan sumber daya manusia yang mudah beradaptasi di era transformasi digital. 

"Tentu saja kami berharap, kerja sama ini tidak putus atau selesai sampai di sini saja, namun bisa berlanjut di waktu-waktu berikutnya dengan program yang sama maupun program lainnya," harapnya.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta, Ignatius Trihastono menyampaikan rasa terima kasih kepada Pokja GTA Pusdiklat Balitbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang telah berkenan bekerja sama untuk melakukan penguatan ekosistem digital dan upgrading terkait optimalisasi potensi digital di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta.

"Kami sangat berharap akan ada kerja sama lagi di tahun-tahun berikutnya. Kami juga akan menyambut dan mempersiapkan sebaik mungkin untuk menunjang kerja sama kita," ungkap Trihastono. (Chi)