Pelatihan Pembuatan Konten Kreatif Dukung Pemasaran UMKM di Wilayah

 

Tegalrejo - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta terus berupaya memberikan fasilitas yang diperlukan oleh masyarakat, salah satunya dengan pemanfaatan teknologi pada platform lokapasar (e-commerce) yang memberikan banyak keuntungan bagi pegiat Usaha, Mikro, Kecil, Menengah (UMKM). 

Untuk kali ini Diskominfosan Kota Yogyakarta memberikan Pelatihan Penguatan Ekosistem Digital di Kelurahan Karangwaru dengan mengangkat materi mengenai Konten Kreatif. Materi yang dimaksud adalah pemanfaatan handphone dalam mengambil gambar produk untuk pemasaran atau penjualan melalui online agar terlihat menarik atau estetik. 

Sub Koordinator Kelompok Substansi Pengamanan Informasi  Diskominfosan) Kota Yogyakarta Dewi Ciptaningrum mengatakan, sebelumnya sudah dilakukan pemberian materi untuk pelatihan penguatan ekosistem digital pada Selasa 6 September 2022 mengenai Dasar Digital Marketing oleh Iwan InfoTekno⁩. Untuk hari ini fokus pelatihan adalah Konten kreatif dengan narasumber Faradiva Salsabila⁩ dan di hari ketiga akan membahas Optimalisasi Media Sosial.

"Diera saat ini memang kita menyesuaikan dengan teknologi yang ada. Pemerintah sudah hadir dan memberikan banyak manfaat, semoga dimanfaatkan sebaik-baiknya degan hadirnya wifi publik,” katanya.

Kelurahan Karangwaru merupakan pelatihan luring terakhir yang diberikan oleh Diskominfosan Kota Yogyakarta. Sebelumnya sudah dilakukan pelatihan di enam kelompok UMKM dan tiga kampung wisata yakni di Kelurahan Mujamuju, Kemantren Danurejan, Kelurahan Karangwaru masing-masing dua kelompok UMKM. Selain itu ada dari Kampung wisata Warungboto, Giwangan dan Purbayan.

"Pelatihan luring ini sudah lengkap ada enam kelompok UMKM dan tiga kampung wisata. InsyaAllah besok Oktober akan dimulai Gelar Wicara (Talkshow) secara daring," jelasnya.

Narasumber dari InfoTekno Faradiva Salsabila menyampaikan, teknologi memberikan berbagai dampak positif kepada pegiat UMKM dengan memanfaatkan wifi yang diberikan pemerintah diharapkan dapat menunjang meningkatnya omzet para UMKM. 

''Saat ini penjual bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi produk dan mendukung keterlibatan konsumen dibarengi dengan pembuatan konten yang dirasa enak dipandang agar konsumen tertarik," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini warga Kelurahan Karangwaru bisa memanfaatkan pelatihan yang diberikan oleh Diskominfosan Kota Yogyakarta selama tiga hari. ''Kali ini kita belajar konten kreatif melalui foto. Bagaimana pengambilan angle yang bagus untuk produk yang akan dipasarkan dengan pencahayaan dan alat seadanyapun bisa dilakukan dirumah," jelasnya.

Sementara salah satu UMKM Iham penjual bawang merah dan bawang putih, merasa senang diadakan pelatihan ini. Ia berharap di tahun depan diadakan kembali pelatihan seperti ini. "Sangat membantu pelatihan ini, saya jadi tau mana angle dan pencahayaan yang pas untuk melakukan foto produk saya dengan alat seadanya," jelasnya. (Hes)