Gathering Peningkatan Keamanan dan Sistem Pemantauan Data

Umbulharjo – Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta, diwakili staff Bidang Infrastruktur Telematika mengikuti kegiatan Gathering Improving Data Reliability and Smart Monitoring System di Hotel Gaia Cosmo pada Selasa (30/8).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh PT Harrisma Buwana Jaya bekerjasama dengan PT Synnex Metrodata Indonesia yang bertujuan untuk mengenalkan dan berdiskusi soal peningkatan keamanan dan sistem pemantauan data di lingkup organisasi terutama lingkungan instansi pemerintah untuk mengembangkan konsep smart city dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Architec Solution PT Synnex Metrodata Indonesia Alip Purnomo, memperkenalkan rangkaian inovasi sistem keamanan siber yang dapat membantu meningkatkan keamanan data, informasi, dan lingkungan kelistrikan.

“Jadi mungkin selama ini ketika terjadi disaster, tapi tidak punya backup data. Ketika bicara soal backup data maka backup itu berlapis-lapis. Dari produksinya akan kita backup dalam satu sistem yang terintegrasi melalui HCI atau Hyperconverged Infrastructure,” paparnya.

Alip Purnomo menjelaskan, HCI pada dasarnya merupakan kerangka teknologi informasi yang menggabungkan seluruh elemen komputasi, jaringan, penyimpanan, dan sumber daya virtualisasi lainnya ke dalam satu sistem untuk mengurangi kompleksitas pengelolaan data center dan meningkatkan kemampuan sistem dalam menangani beban yang diberikan.

“HCI ini adalah framework IT yang menggabungkan seluruh elemen komputasi, storage, jaringan, dan sumber daya mentransformasikan model operasional IT tradisional ke dalam satu sistem yang sederhana dan terpadu. Hasilnya, ketika kita mengadopsi HCI maka akan mendapatkan keuntungan dalam meningkatkan efisiensi IT, mengurangi jumlah belanja modal, dan lebih responsif terhadap kebutuhan dan proses bisnis yang berubah secara cepat,” jelasnya.

Kemudian Alip Purnomo juga menjabarkan fungsi dari HCI ketika diadopsi pada sebuah perusahaan ataupun instansi pemerintahan. Di mana ketika diterapkan, HCI akan berfungsi dalam menyederhanakan arsitektur data center, membantu menggabungkan server, storage, jaringan, dan keamanan dalam satu sistem terpadu.

“HCI dapat menyederhanakan arsitektur data center dan mengurangi biaya yang diperlukan untuk keperluan operasional dan pemeliharaan. Selain itu juga dapat mengurangi kompleksitas pengelolaan infrastruktur IT dan memberikan perlindungan serta pemulihan data yang berkelanjutan,” tambahnya. (Jul)