Kabupaten Intan Jaya Belajar Persandian di Dinkominfosan Kota Yogya

Umbulharjo-Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta menerima kunjungan dari Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Intan Jaya, Selasa (23/7).

Rombongan dari Kabupaten Intan Jaya tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinkominfosan Kota Yogyakarta, Ignatius Trihastono, S.Sos., M.M. didampingi oleh Sekretaris Dinkominfosan Kota Yogyakarta, Suciati Sah, S.T., M.M., dan Kepala Bidang Persandian dan Telekomunikasi Dinkominfosan Kota Yogyakarta, Tri Haryanto, S.T., M.T.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan studi tiru berupa koordinasi dan sinkronisasi pengumpulan, pengolahan, analisis, dan diseminasi data statistik sektoral dari Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta. Pada sesi diskusi, Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Intan Jaya, Cicilia T. Ena Bani Pratiwi menuturkan bahwa kendala pembangunan telekomunikasi di sana yaitu pada situasi dan kondisi yang masih belum kondusif.

“Situasi dan kondisi tidak memungkinkan untuk membangun menara Base Transceiver Station (BTS), masih banyak juga pekerjaan rumah yang harus diselesaikan di sana,” tutur Cicilia.

Menanggapi perbedaan situasi dan kondisi pembangunan infrastruktur Telekomunikasi yang ada di Kabupaten Intan Jaya, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta, Trihastono menuturkan bahwa Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Intan Jaya tetap memiliki peluang yang besar dalam mengoptimalkan potensi digital.

“Mari kita optimalkan potensi digital, jangan pikirkan kita butuh waktu yang panjang untuk mengejar wilayah lain. Mari jadikan era digital ini sebagai era lompatan,” terang Trihastono.

Di samping itu, Trihastono juga menambahkan bahwa selain di bidang telekomunikasi, Kominfo juga dapat memaksimalkan perannya sebagai produsen narasi-narasi terkait dengan potensi wilayah di Kabupaten Intan Jaya. Dengan demikian, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Intan Jaya dapat mendapatkan lebih banyak strategi mengenai pengelolaan dan diseminasi informasi di Kabupaten Intan Jaya.

Pada akhir kunjungan kerja, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Intan Jaya memberikan kenang-kenangan yaitu Mahkota Kasuari yang langsung dipakai oleh Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta. (Dit)