DPRD Salatiga Tertarik Program  Internet Gratis di Kota Yogya

UMBULHARJO- Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta menerima kunjungan kerja Komisi A  DPRD Kota Salatiga. Kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk belajar mengenai upaya Pemerintah Kota Yogyakarta untuk memfasilitasi internet gratis bagi masyarakat.

 

"Kami ingin belajar mengenai pelayanan internet gratis bagi masyarakat" ujar ketua Komisi A DPRD Kota Salatiga Nono Rohana saat diterima di Balai Kota Yogyakarta, Rabu (24/8/2022). Pihaknya menegaskan bahwa salah satu tujuan kunjungan kerja ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran dewan dalam pengadaan internet gratis di Kota Yogyakarta. 

 

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kota Yogyakarta Ignatius Trihastono menjelaskan bahwa Dinas Kominfosan bertindak sebagai penghubung kepentingan mulai dari masyarakat, perusahaan,  hingga DPRD. Dijelaskan juga bahwa Dinas Kominfosan bertanggungjawab dalam ketersediaan bandwidth, penyediaan aplikasi, dan juga keamanan informasi dari aplikasi tersebut.

 

"Bidang Persandian dan Telekomunikasi memiliki tugas fungsional untuk menjaga keamanan informasi dengan tugas sehari-hari mengamankan aplikasi yang dibangun dan secara rutin mengetes kemungkinan untuk diretas dengan bekerja sama dengan Badan Siber Daerah" ujarnya. 

 

Sekretaris Dinas Diskominfo  Kota Yogyakarta Suciati Sah menambahkan, ada 2 bidang yakni terkait teknologi informasi yaitu Bidang Infrastruktur dan Telematika serta Sistem Informasi dan Statistik bertugas membangun aplikasi, penyediaan perangkat keras, jaringan,  dan sebagainya. Sedangkan untuk bidang Informasi dan Komunikasi Publik bertugas mempromosikan program tersebut kepada masyarakat. Keempat bidang ini saling mendukung dan bersinergi dalam mensukseskan program Jogja Smart Service (JSS).

 

Untuk mengakses internet gratis, diharuskan untuk memiliki akun Jogja Smart Service (JSS). Kini Balai Kota Yogyakarta, Kemantren, dan Kelurahan kini sudah terhubung dengan jaringan fiber optik. Total ada 134 titik lokasi yang sudah tersambung fiber optik.

 

Pemasangan WiFi gratis sudah dimulai sejak sebelum pandemi Covid-19, namun masih terbatas di beberapa titik kumpul publik saja. Sejak pandemi Covid-19 dimana kebutuhan akses internet masyarakat meningkat, Dinas Kominfosan bersama dengan DPRD dan juga perusahaan telekomunikasi mulai bekerjasama dalam program pengadaan internet gratis bagi masyarakat.

 

"Permintaan WiFi gratis dari masyarakat tinggi, kita mencoba komunikasikan dengan bapak dewan dan ternyata nyambung. Perusahaan telekomunikasi yang keuntungan nya meningkat dimasa pandemi juga menyambut baik untuk mendukung program ini" katanya. 

 

Kepala Bidang Persandian dan Telekomunikasi Tri Haryanto menjelaskan 908 titik wifi yang sudah tersebar di berbagai wilayah Kota Yogyakarta ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kesejahteraan digital masyarakat. Pemanfaatan internet bagi siswa hingga bagi UMKM untuk memasarkan produknya secara digital. (mdg)