Optimalisasi Tupoksi, Dinas Kominfo Tulungagung Kunjungi Pemkot Yogya

Umbulharjo - Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta menerima kunjungan kerja dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tulungagung, Jumat (22/7). 

Diwakili oleh Sekretaris Dinas, Kepala Bidang Statistika dan Persandian serta dari bidang Aplikasi dan Informatika, kedatangan mereka ke kota Yogyakarta disambut baik oleh Kepala Diskominfosan Kota Yogyakarta Ignatius Trihastono yang didampingi oleh Sekretaris Dinas, Suciati Sah. 

Kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan studi referensi guna mengoptimalkan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Dinas Kominfo Kabupaten Tulungagung. 

Di era yang serba digital diperlukan pengembangan-pengembangan yang dapat dimanfaatkan untuk menyajikan informasi dan memberikan pelayanan secara efektif. 

Dalam kesempatan ini, Trihastono memberikan gambaran singkat mengenai aplikasi dan layanan yang dikelola oleh Diskominfosan Kota Yogyakarta yaitu Jogja Smart Service (JSS) dan Jogja Go One Data. 

“Sektor digital itu bersifat tidak menentu, dalam artian tidak terpatok waktu dalam berapa tahun akan terjadi pengembangan. Perubahan dan pengembangan tersebut harus menyesuaikan dengan lingkungan yang ada” ujar Trihastono. 

Ia menambahkan jika untuk melakukan pengembangan aplikasi atau layanan berbasis digital, perlu memperhatikan aspek sejauh mana jaringan sudah dapat diakses oleh warga. Namun ia meyakini bahwa 100% warga kota Yogyakarta yang masuk kategori usia dewasa sudah akrab dengan smartphone. Sehingga inovasi pengembangan aplikasi dirasa sudah sesuai. 

Inovasi yang bisa diterapkan dalam layanan penginputan data adalah menciptakan warung pelayanan publik di kecamatan-kecamatan. Ini akan menjadi revolusi yang luar biasa.


Dengan kunjungan ke Diskominfosan Yogyakarta ini, mereka mengharapkan mendapatkan ide-ide atau inovasi baru untuk mengembangkan tugas dan fungsi Dinas Kominfo Tulungagung karena merasa IT di Tulungagung saat ini belum melaju pesat. 

"Dari kunjungan ini, kami sangat berterima kasih karena mendapatkan banyak gambaran mengenai pengolahan informasi dan pelayanan. Kami berharap bisa menciptakan inovasi juga seperti disini. Walaupun beda medan pasti beda strategi namun apa yang kami dapat disini bisa kami jadikan contoh untuk diterapkan di Tulungagung," tutup Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Tulungagung. (Wul)