Pelatihan Jurnalistik Menjadikan Informasi Aktual dan Menarik

Untuk meningkatkan kemampuan jurnalistik dalam menyajikan informasi yang aktual dan menarik, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominfosan) Kota Yogyakarta mengadakan pelatihan fotografi, videografi dan manajemen YKTV Senin (27/6) di ruang rapat Kominfosan lantai 1. Menghadirkan narasumber oleh Anton Wahyu Prihartono selaku Pimpinan Redaksi Harian Jogja, RM Altiyanto seniman Kota Yogya dan Fotografer Profesional Misbachul Munir.

Peserta dalam kegiatan ini merupakan seluruh pegawai bidang informasi dan komunikasi publik serta perwakilan dari masing-masing bidang di Dinas Kominfosan. Materi yang disampaikan antara lain teknis penulisan berita, kemudian manajemen penyiaran,  penyusunan program acara dan materi komposisi basic foto dan video, penulisan storyboard, workflow serta kerangka produksi video.

Kepala Dinas Kominfosan Kota Yogya Ignatius Tri Hastono menjelaskan Dinas Kominfosan memiliki tuntutan untuk dapat memberikan informasi yang disampaikan kepada warga Yogya. Melalui YKTV, Pemkot Kota Yogya menyajikan program-progam dengan berbagai macam segmentasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan informasi.

“Pelatihan Fotografi, Videografi dan Manajemen YK TV merupakan upaya dari Dinas Kominfosan untuk memenuhi tuntutan menyajikan program yang menarik, informatif dan komunikasi government yang komunikatif dan bisa menyesuaikan ekspetasi dari warga Yogya,” jelas Tri Hastono.

Anton Prihartono dalam pemaparan materi menjelaskan dalam menyajikan sebuah berita harus menyampaikan fakta yang menarik dengan mencari angle unik atau suatu hal baru pada kejadian atau peristiwa yang terjadi. Hal-hal yang penting dalam penulisan berita adalah logis, lugas, hemat kata, menggunakan kalimat pendek dan mudah dipahami.

“Dalam menulis berita perlu menggali unsur What, Who, Where, When, How (5W+1H) agar dapat menciptakan tulisan yang menarik. Penulis juga harus bisa memilih topik yang akan diangkat dengan mengetahui seberapa luas pengaruh dan pentingnya informasi tersebut,” ujar Anton. 

Dinas Kominfosan merupakan kelompok subtansi dan bidang yang bergerak di lingkup kehumasan. Memilik tugas yang bertanggung jawab dan berwenang untuk melaksanakan kegiatan pelayanan informasi dan kehumasan yang tak hanya sebagai konsumsi masyarakat namun juga wartawan. Sehingga tuntutan menjadi jurnalistik tidak dapat terelakkan. (Chi)