Pelatihan Multimedia Dukung Kegiatan Daring Selama Pandemi

Masa pandemi mengharuskan adanya pembatasan kegiatan sehingga kegiatan yang biasanya dilakukan secara tatap muka kini harus dilaksanakan secara daring. Untuk itu dibutuhkan kemampuan dalam mengoperasikan teknologi informasi dan peralatan multimedia guna mendukung kegiatan secara daring. Menjawab kebutuhan tersebut, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta mengadakan Pelatihan Zoom Meeting dan Pengoperasian Multimedia pada Jumat (25/3) di Ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta.

Pelatihan dibuka oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfosan Kota Yogyakarta Edy Sugiharto, S.STP, MM dan diikuti oleh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Yogyakarta. Menghadirkan narasumber Solo Sapto A.Md dan Atiqoh A.Md yang menjelaskan tentang pengetahuan dasar zoom meeting serta Affan Setiawan Pratama yang membahas teknik penggunaan peralatan multimedia.

Menurut Edy Sugiharto kegiatan secara daring menjadi sebuah alternatif agar kegiatan maupun program yang telah direncanakan tetap terlaksana. “Untuk itu dibutuhkan personil yang memiliki keahlian mengoperasikan zoom meeting dan peralatan multimedia sebagai perangkat pendukungnya agar kegiatan yang dilakukan secara daring dapat berlangsung dengan baik. Kita fasilitasi masing-masing perwakilan OPD untuk belajar yang nantinya bisa dipraktekkan di kegiatan OPD-nya masing-masing,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa tujuan dilaksanakan pelatihan tersebut, antara lain untuk meningkatkan pemahaman operator di masing-masing OPD terkait tata cara penggunaan aplikasi zoom meeting. Dengan memiliki kemampuan mengoperasikan peralatan multimedia dan teknis operator zoom diharapkan kegiatan rapat dan pertemuan serta sosialisasi bisa terlaksana walaupun ada pembatasan untuk kegiatan tatap muka namun  informasi yang disampaikan diterima dengan baik oleh peserta.

Para peserta pelatihan antusias mengikuti dan menanyakan beberapa hal yang ditemui saat mengoperasikan zoom meeting di instansinya. Mereka juga berkonsultasi terkait peralatan teknis yang digunakan untuk mendukung kegiatan zoom meeting. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal terutama untuk perekaman zoom meeting dibutuhkan peralatan baik komputer, laptop maupun hand phone yang memiliki spek tinggi. (Ita)