Diskominfosan Yogya Terima Kunjungan Diskominfo Cirebon

Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta menerima kunjungan kerja Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Cirebon. Kunjungan kerja Diskominfo Kabupaten Cirebon bersama rombongan awak media itu untuk melakukan studi terkait kehumasan dan kerja sama media dengan pemerintah daerah.
Kepala Diskominfosan Kota Yogyakarta Trihastono mengapresiasi atas kunjungan studi Diskominfo Kabupaten Cirebon bersama para awak media atau wartawan setempat ke Kota Yogyakarta. Kunjungan diterima di Graha Tirta PDAM Tirtamarta Kota Yogyakarta dan didampingi Direktur PDAM Kota Yogyakarta Majiya. 
“Selama ini hubungan antara Pemkot Yogyakarta dengan media bukan seperti antara pemerintah dengan korporasi. Tapi hubungan pertemanan,” kata Trihastono membuka diskusi saat menerima kunjungan studi Diskominfo Kabupaten Cirebon dan awak media, Kamis (18/11/2021). 
Menurutnya selama ini hubungan antara Pemkot Yogyakarta dengan media berjalan nyaman. Diskominfosan Kota Yogyakarta melakukan kunjungan silaturahmi ke redaksi beberapa media untuk sekadar diskusi sambil minum kopi. Tapi hal itu tanpa kehadiran untuk mengintervensi media. “Hubungan dengan media yang terbangun secara pertemanan ini membantu mencairkan gaya- gaya relasi pemerintah dengan media,” ujarnya. 
Dia menyatakan baik pemerintah daerah maupun media memiliki hubungan saling membutuhkan. Namun dia menilai pemerintah yang lebih butuh membangun relasi dengan media karena media adalah humas yang sesungguhnya dari pemerintah. 
Trihastono menjelaskan ada 2 pola strategi membangun hubungan baik dengan media yaitu pemerintah dengan media secara korporasi dan pemerintah dengan awak media atau wartawan. Hubungan pemerintah dengan media secara korporasi misalnya ada kerja sama dengam media seperti advertorial, iklan layanan masyarakat dan berita untuk bisa diakomodasi di masing- masing media.
“Dengan awak media wartawan kami fasilitasi seperti narasumber, jumpa pers, mengundang dalam agenda kegiatan- kegiatan Pemkot Yogya. Kami sampaikan agenda Pemkot Yogya ke awak media setiap hari. Tugas kami selaku humas pemerintah adalah menciptakan hubungan baik antara korporasi dengan pemerintah dan media dengan kepala daerah,” jelas Trihastono 
Meskipun terjalin hubungan baik dengan media, pihaknya menegaskan fungsi kontrol media terhadap pemerintah tetap tajam. Misalnya ada berita negatif maupun mengkritisi sepanjang sesuai fakta media akan memunculkan di berita. Namun, lanjutnya, selalu ada ruang yang diberikan media kepada Pemkot Yogyakarta untuk mengkonfirmasi. 
Sementara itu Kepala Diskominfo Kabupaten Cirebon Sugeng Darsono mengatakan tujuan kunjungan itu untuk menjalin tali silaturahmi dengan Diskominfosan Kota Yogyakarta. Kegiatan itu juga menjadi bagian program membangun kapasitas dengan teman- teman media di Kabupaten Cirebon lewat studi tiru. 
“Kami lakukan dengan cara studi tiru. Kami berbagi informasi dan pengalaman dengan Kota Yogyakarta. Harapannya kami bisa sampaikan hal- hal positif dan dari Kota Yogyakarta bisa memberikan masukan-masukan sehingga kemitraan dan sinergitas antara insan media dengan Pemkab Cirebon yang sudah selama ini terbangun dengan baik bisa ditingkatkan lagi. Kami ambil yang baik dan implementasikan di Pemkab Cirebon," pungkas Sugeng. (Tri)