Kota Yogya Fokus Pemulihan Sosial Ekonomi

Hingga saat ini berdasarkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021, Kota Yogyakarta berfokus kepada pemulihan kondisi sosial ekonomi lebih pada sektor terdampak Covid-19 meliputi Pariwisata, Tenaga kerja, Investasi, Industri, Sosial dan Kesehatan. 
Sejalan dengan hal tersebut, maka tema pembangunan daerah untuk RKPD Kota Yogyakarta Tahun 2021 adalah “Percepatan Pemulihan Sosial Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat”. Demikian disampaikan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta, Tri Hastono dalam acara Dialog Lintas Jogja Pagi bersama Radio RRI dengan tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh dari Kota Yogyakarta, Jumat (13/8).
Tri Hastono mengatakan, hingga saat ini masyarakat dan para pedagang terus optimis dalam pertumbuhan ekonomi di Kota Yogyakarta di masa pandemi saat ini.
Terlebih dalam berkembangnya kemitraan sosial dalam semangat gotong royong yang akan memperkuat ketahanan masyarakat menjadi modal sosial masyarakat dalam menghadapi kondisi yang terjadi akibat pandemi di tahun 2020. 
Contohnya saja Gerakan Gandeng Gendong, sinergi dan penumbuhan partisipasi dari segenap lima komponen (Kota, Kampung, Kampus, Korporasi serta Komunitas) serta kerja sama antar kabupaten dan kota lain dibutuhkan untuk pemulihan sosial serta ekonomi.
“ Pemerintah Kota Yogyakarta sampai saat ini terus mengelola penurunan Covid-19 dengan memonitor percepatan vaksin mulai dari tingkat pendidikan hingga lansia. Ini merupakan bentuk komitmen bersama terlebih dalam menurunkan lonjakan Covid-19,” ujarnya.
Kemudian adanya kondisi PPKM ini, Tri Hastono mengatakan, tidak terlepas dari kondisi terdahulu. Untuk mengurangi kondisi tersebut maka dengan adanya PPKM ini diharapkan masyarakat paham dan bersama membantu pemerintah dalam menurunkan anga Covid-19 di Kota Yogyakarta.
“ Diharapkan warga Kota Yogyakarta harus benar-benar yakin pada kebijakamn tersebut. Yogyakarta akan berangsur terbuka dan memperbolehkan tamu berkunjung asalkan bersama-sama membuat kondisi semakin sehat dan aman,” jelasnya. (Hes)