Kominfosan Kota Yogyakarta Kembangkan Layanan Cloud untuk OPD

Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominfosan) Kota Yogyakarta mengembangkan layanan penyimpanan data dan aplikasi perkantoran bersama (cloud). Layanan tersebut telah siap dipergunakan dengan memanfaatkan akun akses wifi Segoro Amarto. Pemilik akun tinggal membuka laman cloud.jogjakota.go.id dan memasukkan nama pengguna serta kata kunci akun mereka.

Layanan cloud ini dikembangkan untuk mendukung kemandirian dan kerahasiaan data pemerintahan di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta. Pemilik akun mendapatkan ruang penyimpanan bersama sebesar satu gigabita. Selain itu, akun cloud juga telah terkoneksi dengan seluruh akun-akun lain yang telah terdaftar. 

Suciati Sah, selaku Kepala Bidang Infrastruktur Telematika Kominfosan, menjelaskan kalau layanan cloud ini akan terus disempurnakan. “Kita akan terus menyempurnakan layanan ini. Untuk sekarang ruang penyimpanan yang disediakan adalah satu gigabita. Ke depannya apabila diperlukan kita akan menambahnya lagi,” terang Suciati.

Suciati menambahkan, “Kita kelola sendiri yang memang diurus dan disimpan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta sendiri. Ini benar-benar untuk kerja-kerja yang memerlukan kolaborasi pegawai. Kita buka pelatihan menggunakan layanan cloud ini untuk internal Kominfosan dulu.” 

Setiap pengembangan aplikasi atau layanan media digital tahapannya akan melalui riset pengguna dulu. Hal ini juga diperhatikan oleh pengembang di Bidang Infrastruktur Telematika. “Hal itu juga terkait riset kita tentang pengalaman pengguna agar nantinya bisa dikembangkan lagi dan mudah digunakan oleh pegawai-pegawai dari OPD lain. Kita ingin tahu apakah yang sudah ada sekarang nyaman digunakan dan mudah dimengerti oleh pengguna” tambah Suciati.

Lebih lanjut Dwianto Setiawan, sebagai Pranata Komputer Kominfosan yang turut mengembangkan, juga ikut menjelaskan. “Aplikasi perkantoran kita namakan ONLYOFFICE, bisa menyunting dokumen secara langsung dan bersamaan dengan akun-akun yang telah diberi akses berbagi arsip tersebut. Dokumen ONLYOFFICE tersimpan di dalam layanan cloud tersebut.” (Fjr)