Jangkauan Informasi Siaran IP Paging Diskominfosan Makin Luas

 

Dinas Kominfo dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogyakarta telah mengembangkan sistem Internet Protocol (IP) Paging yang dapat merelay informasi yang dikirimkan dari induk operator tidak hanya ke internal area Komplek Balaikota namun sampai ke wilayah. Informasi bisa diterima hingga luar area komplek,  seperti di Kecamatan ataupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di luar Komplek Balaikota yang terhubung dengan jaringan data Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta.

Sandiman Pelaksana Lanjutan, Diskominfosan Kota Yogyakarta Sugiarto mengatakan, Audio Paging System merupakan fasilitas pengaturan sistem untuk menyampaikan informasi melalui suara. 

Perlu diketahui cara menggunakan IP Paging di Pemerintah Kota Yogyakarta yaitu dengan penggabungan sistem digital dan analog, dengan menggunakan software aplikasi IP Ampli yang diinstal pada PC.

“ Nantinya diinterkoneksikan dengan perangkat streamer dan IP Ampli kemudian output nya terhubung dengan speaker dan horn di titik-titik lokasi yang dibutuhkan. Inputan dari sistem IP Ampli ini berasal dari beberapa input,” ungkapnya.

Salah satu Input yang dimaksud adalah, Inputan yang dihasilkan dari software aplikasi IP Ampli yang dihubungkan melalui jaringan data ke perangkat Streamer untuk kemudian direlay ke IP Ampli yang terpasang di gedung-gedung OPD/Unit Kerja baik di lingkungan Komplek Balaikota sampai di luar Komplek Balikota.

“ Penggunaan IP paging di Pemerintah Kota Yogyakarta sudah dilakukan secara maksimal untuk kepentingan kedinasan dan sosial kemamasyarakatan yang berhubungan dengan Pemerintah Kota Yogyakarta. Untuk peraturan IP Paging ini sudah ada SOP untuk penggunaan Sistem Paging tersebut,” jelasnya.

Namun dengan sistem paging tersebut juga memiliki kelemahan, ini dikarenakan aktifitas sarana sangat ketergantungan dengan catu daya listrik dan jaringan data, sehingga terdapat kendala terhadap operasional IP Paging.

Selain itu, Sugiarto menambahkan, dengan sistem paging dalam pengembangan IP Ampli di Pemkot Yogyakarta maka area di Komplek Balaikota Yogya dapat terkondisikan dengan baik. Diharapkan sistem ini akan terus berkembang lebih baik kedepannya.

“ Untuk saat ini pengembangan IP Ampli yang diterapkan pada sistem Paging Pemerintah Kota ini telah terkoneksi di seluruh area Komplek Balaikota Yogyakarta dan untuk OPD yang berada di luar Komplek Balaikota baru terpasang sejumlah 9 lokasi. Harapan kedepan IP Ampli ini dapat mengcover diiseluruh OPD/Unit Kerja di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta,” jelasnya. (Hes)