Diskominfosan Edukasi Internet Sehat Saat Pandemi Covid-19

Di saat pandemi Covid-19 ini banyak masyarakat menghabiskan waktu di rumah yang mengakibatkan penggunaan internet makin meningkat. Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Diskominfosan) Kota Yogya mengedukasi masyarakat untuk penggunaan internet secara sehat.

Salah satunya menjadi narasumber “Youth Gathering” bertema Cyberbullying yang diadakan oleh UNALA bekerjasama dengan Karang Taruna Kota Yogyakarta, menggunakan video converence.

Kepala Seksi Pengembangan Persandian dan Telekomunikasi, Dewi Ciptaningrum mengatakan, kegiatan ini dilakukan agar masyarakat memahami penggunaan internet secara sehat.

“Kegiatan gawai dan internet sehat yang kami lakukan sebelumnya merupakan salah satu edukasi ke masyarakat agar dapat memanfaatkan gawai dan internet dengan sehat, produktif dan positif,” jelasnya.

Kegiatan ini sebagai bentuk upaya pemerintah terhadap penggunaan internet di masyarakat. Diharapkan dengan adanya kecanggihan internet, semua dapat terhubung tanpa terkendala jarak, manfaat yang di dapat sangat beragam dengan menggunakan internet.

Disamping itu, pihaknya menyampaikan bahwa dampak penyebaran virus Covid-19 di Kota Yogyakarta mengharuskan kegiatan gawai dan internet sehat di masyarakat terhenti untuk mengantisipasi berkumpulnya warga.

“ Untuk saat ini sudah tidak ada kegiatan tersebut, namun semua kembali ke manusia-nya dalam menggunakan gawai dan internet. Kendali ada di tangan mereka, kita hanya bisa mengedukasi mereka,” jelasnya.

Dewi Ciptaningrum menyampaikan sebelumnya pernah mengisi sebagai narasumber dibeberapa tempat seperti di SMP Negri 8 Kota Yogyakarta, SMP kalam Kudus, GOW, serta bekerjasama dengan BKKBN, dan lain sebagainya.

Ia berharap, kedepannya makin banyak masyarakat dan pegawai di Pemerintahan Kota Yogyakarta, cemat dalam menggunakan intenet. “ Makin banyak masyarakat dan pegawai Pemkot yang bisa teredukasi penggunaan gawai/internet,” ungkapnya. (Hes)