Forum PPID DIY Kupas Tuntas Dokumen Pengadaan

Bertempat di Pantai Ngrawe Gunungkidul, Forum Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi se-kabupaten/kota di DIY mengadakan rapat koordinasi pada Rabun (11/12). Pertemuan rutin ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kapasitas serta menjalin koordinasi antar PPID se-DIY.

“Semoga pertemuan ini dapat membawa manfaat, menjadikan PPID meningkatkan kinerja untuk memberikan layanan informasi sebaik-baiknya sehingga masyarakat memperoleh haknya,” ungkap Ketua Komisi Informasi DIY, Moh Hasyim dalam sambutannya.

Pada pertemuan kali ini, dokumen pengadaan menjadi fokus pembahasan. Dituturkan oleh Cahyo Widayat selaku Kepala Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Setda DIY,   Dokumen Pengadaan sampai saat ini masih menjadi isu besar dalam keterbukaan informasi karena masih belum adanya regulasi yang mengatur secara pasti.

“Akhir-akhir ini banyak pihak dari luar pemerintah yang memohon informasi terkait pengadaan  karena pengadaan barang dan jasa menjadi pembahasan yang cukup seksi karena adanya pemutaran sumber daya yang besar,” tutur Cahyo.

Lebih lanjut, Cahyo mengatakan, saat ini masih ada perdebatan terkait keterbukaan dokumen pengadaan, beberapa praktisi menyatakan terbuka sementara yang lain menyatakan informasi tersebut sebagai informasi yang dikecualikan.

“Pastinya kita harus menyelenggarakan pengadaan sesuai dengan peraturan yang ada sehingga jika perlu dibuka tidak perlu takut dan khawatir dan kalau mau dikecualikan harus ada alasan yang jelas,” imbuh Cahyo.