Workshop Milenial Public Speaking Kelurahan Kadipaten

Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Kelurahan Kadipaten melalui Karangtaruna Kadipaten mengadakan Milenial Creative Talk Public  Speaking Dasar di Pendopo Ndalem Polowijan.

Puluhan peserta yang terdiri dari tingkat SMP, SMA, Mahasiswa bahkan Pekerja mengikuti kegiatan ini. Kegiatan yang digelar menghadirkan dua narasumber yakni Kepala Bidang Informasi dan Statistik, Tutiek Susiatun dan Trainer Public Speaking Ayodya Narutama.

Kegiatan ini bertujuan agar remaja kelurahan Kadipaten tidak hanya memiliki keberanian berbicara di depan publik, tetapi juga dibekali kemampuan berkomunikasi efektif dan meyakinkan ketika berbicara didepan publik.

Mengingat saat ini Public Speaking di perlukan di bidang Akademis maupun non Akademis. Kemampuan komunikasi menjadi syarat mutlak untuk berkiprah dan eksis di persaingan global bahkan menjadi sebuah profesi.

Kepala Bidang Informasi dan Statistik, Tutiek Susiatun mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya pemahaman dan bekal untuk kaum milenial tentang Public Speking yang bisa digunakan dimana saja.

 “Supaya orang paham dan orang mengetahui apa yang kita bicarakan, kita harus berbicara dengan antusias dan yakin dengan apa yang kita sampaikan, saya yakin anak-anak muda sekarang pintar dan banyak berbagai media yang bisa kita mencari informasi untuk kita belajar secara otodidak,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan belajar Public Speaking  kaum milenial mampu menyampaikan informasi serta berbicara didepan umum dengan baik dan menggunakan ilmu yang sudah disampaikan oleh narasumber.

“Dengan persiapan yang akan dibicarakan didepan khalayak inilah yang perlu disiapkan, saat menyampaikan apa yang ingin disampaikan dengan tetap sesuai tema yang diangkat, wajah yang ekspresif, percayadiri, tidak menghindari kontak mata dan yakin didepan audiens merupakan penguasaan diri dalam publik speaking,” ungkapnya.

Trainer Public Speaking Ayodya Narutama mengatakan, nantinya remaja sanggup berperan aktif untuk menambah skill Public Speaking dimasyarakat. “Remaja yg sdh aktif & memiliki inisiatif, bs terus mengajak tmn2-nya yg blm aktif bersosialisasi” katanya.

Selain itu, Ketua Karangtaruna Kelurahan Kadipaten, Eggasari Ratna Firdaus mengatakan,  dengan pengetahuan ini diharapkan para generasi muda dapat mengabil ilmu yang bisa diterapkan dimana saja.

“Alasan diselenggarakannya acara ini adalah untuk memfasilitasi generasi muda untuk belajar berbicara di depan banyak orang, mengingat generasi muda adalah agent of change, akan lebih baik jika mereka dibekali ilmu public speaking,” ungkapnya.

Kecamatan Kraton merupakan daerah wisata sehingga pelatihan ini merupakan bagian dari mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kecamatan Kraton dalam menyambut wisatawan-wisatawan ynag datang ke daerah mereka.

“Diharapkan dengan adanya acara ini Karangtaruna Kadipaten mendapat ilmu dasar berbicara di depan banyak orang dengan baik, menjadi lebih percaya diri, dan sanggup digunakan untuk pengembangan karir mereka baik saat ini maupun di masa depan,”ungkapnya. (Hes)