Optimalkan Pelayanan Informasi Publik, Pemkot Gelar Workshop PPID

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Kota Yogyakarta menggelar pertemuan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) se-DIY di Café Cangkir Joglo 6, Jl. Kapten Laut Samadikun No.16, Bintaran,  Kota Yogyakarta, Selasa (12/11)

Pemerintah Kota Yogyakarta terus berupaya meningkatkan pelayanan informasi public dengan mengajak seluruh PPID se-DIY untuk satu sama lain memotifasi agar semakin berkembangnya informasi dan dokumentasi yang public dapatkan.

Dalam kesempatan kali ini Sekertaris Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Kota Yogyakarta Affrio Sunarno mengatakan, agar masyarakat nyaman dengan berselfie di depan tugu tanpa adanya pemandangan kabel, nantinya Pemerintah Kota Yogyakarta akan mengupayakan perbaikan kabel yang akan di letakkan di kolong bawah, agar terlihat estetika keindahan Tugu Yogya saat digunakan untuk berselfie.

Tahun depan siapapun yang ingin selfie di Tugu Kota Yogya, nantinya Pemerintah Kota Yogyakarta akan mengupayakan kabel yang terlihat di sekitaran tugu akan kami sembunyikan di bawah tanah, ada tempat khusus,” ungkapnya.

Agar terciptanya suasana baru Pemerintah Kota Yogyakarta akan terus mengupayakan yang terbaik untuk Kota Yogyakarta agar semakin lebih baik kedepannya. Di era keterbukaan informasi saat ini, sebagian besar informasi harus dapat diakses oleh masyarakat kecuali yang bersifat rahasia negara.

Diharapkan dengan adanya pertemuan PPID, Pembantu dan Struktural OPD Kota Yogyakarta memahami keberadaan, tugas, wewenang dan tanggung jawab  mereka, dan menghasilkan peningkatkan kualitas layanan informasi publik oleh PPID.

Sumber dari semua yang dikerjakan adalah data dan  informasi.  Dinas Kominfo dan Persandian diharap mampu mengelola data dan informasi tentang  penyelenggaran pemerintahan dengan baik, kemudian mampu pula menjawab semua pertanyaan  dari masyarakat terkait dengan pemerintahan berdasarkan data.

Di tahun ini Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Sleman mendapatkan Penghargaan dari Gerakan Menuju 100 Smart City, dari enam elemen yang dievaluasi di pilih Kabupaten Sleman yang menerima penghargaan sebagai “Smart Living”.

Diharapkan dengan adanya forum ini semua PPID se-DIY menjadikan pertemuan ini sebagai motivasi PPID kabupaten lain untuk sama-sama menuju system informasi yang lebih baik lagi kedepannya. Dinas Kominfo Kabupaten Bantul dan Kulonprogo juga memberikan informasi bahwasannya tahun ini pihaknya mengadakan PPID Award untik PPID pembantu.  (Hes)