Jogja Jadi Jujugan Dinas Kominfo Sukabumi dalam Penerapan SPIP

Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominfosandi) Kabupaten Sukabumi melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kominfosandi Kota Yogyakarta.  Dituturkan oleh pimpinan rombongan Sukabumi, Asep Subur Sugiarto, kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melakukan curah pendapat terkait pelaksanaan penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)

“SPIP adalah benteng pertahanan di dalam rangka menjaga penyelenggaraan pemerintahan, kami belajar di Kota Yogyakarta karena penerapanya terkenal sudah baik” ungkap pria yang menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kominfosandi Kabuapten Sukabumi tersebut pada Kamis (3/1) siang di Ruang Rapat Dinas Kominfosandi Kota Yogyakarta.

Menjawab hal tersebut, Plt. Kepala Dinas Kominfosandi Kota Yogyakarat, Ig. Trihastono mengatakan, di Pemkot Yogyakarta sendiri, pelaksanaan SPIP sudah memanfaatkan teknologi informasi, yakni melalui aplikasi Jogja Smart Service.

“Pemkot melalui Kominfo bertanggung jawab mengembangkan aplikasi, termasuk aplikasi yang terkait dengan pengendalian internal seperti misalnya e-kinerja dan simpresensi. Semua aplikasi tersebut kita kolaborasikan” Tandasnya.

Ditambahkan oleh Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Din. Kominfosandi Kota Yogyakarta, Valentina Anggrainy , penerapan SPIP di Kota Yogyakarta sudah saling terkoordinasi dan terintegrasi antar OPD melalui sistem.

“Seperti misalnya sistem pengadaan barang dan jasa melalui  SIMBARA, sementara keuangan melalui SIPKD” Imbuhnya.