Siap Luncurkan JSS, Kominfo Lakukan Sosialisasi Internal

Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kota Yogyakarta selaku OPD yang mengampu pengembangan aplikasi Jogja Smart Service (JSS) pada hari Rabu (30/5) dan Kamis (31/5)  bertempat di Lab Komputer Lantai 2, Dinas Kominfosandi, melaksanakan sosialiasi mengenai aplikasi JSS kepada seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Sosialisasi tersebut menyasar operator UPIK dengan maksud agar operator UPIK yang selama ini terbiasa dengan aplikasi UPIK konvensional yang berbasis web mampu segera menyesuaikan diri dengan layanan informasi dan aduan berbasis android di JSS.

“OPD merupakan elemen sentral dalam operasional JSS karena fungsi pelayanan dan tindak lanjut ada di OPD, berbeda dengan UPIK yang selama ini digerakkan oleh operator.  Idealnya semua ASN yang melekat dalam unit kerja tersebut juga mengunduh dan menginstall JSS ke ponselnya” Ungkap Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kota Yogyakarta, Ig. Trihastono

Lebih lanjut, Trihastono menuturkan, saat ini Pemerintah Kota Yogyakarta tengah mengkaji perubahan tingkat respons akan layanan keluhan dan aduan yang masuk melalui JSS

“Adanya JSS tentu menuntut peningkatan respons jika dibandingkan UPIK, sementara hal tersebut sedang dikaji” Imbuh Trihastono.

Melalui sosialisasi tersebut, operator JSS di tingkat OPD diperkenalkan untuk pertama kalinya dengan konten aplikasi JSS beserta operasionalnya, selanjutnya, untuk lebih detailnya, sat ini tengah disusun Standar Opersional Prosedur (SOP) baik untuk admin JSS pusat, operator JSS, dan petugas lapangan agar masing-masing petugas mampu memahami peran dan pekerjannya secara lebih detail.  

Saat ini, aplikasi JSS tengah memasuki tahap finalisasi dan siap untuk dikenalkan kepada publik pada hari Kamis (7/6) pekan depan, bersamaan dengan HUT Pemerintah Kota Yogyakarta.