Pemkot Siap Luncurkan JSS Bulan Depan

Dalam rangka mewujudkan Yogyakarta sebagai Kota Cerdas, Pemerintah Kota Yogyakarta saat ini tengah menggodok aplikasi berbasis android, Jogja Smart Service (JSS). Dituturkan oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, aplikasi ini nantinya akan menjadi suatu sistem yang mengintegrasikan berbagai sistem informasi yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.

“Saat ini kita sudah mempunyai banyak aplikasi atau sistem informasi manajemen yang tersebar di berbagai organsiasi perangkat daerah. Nantinya seluruh aplikasi tersebut akan diisatukan dalam satu aplikasi, yaitu JSS” Tuturnya.

Heroe menambahkan, bahwa keniscayaan kota yang mengembangkan "smart city" adalah integrasi layanan dengan pemanfaatan data tunggal untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada maupun untuk memberikan pelayanan ke masyarakat.

“Koneksi antar aplikasi dengan penggunaan data tunggal akan semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses berbagai layanan publik yang disediakan Pemerintah Kota Yogyakarta. " katanya.

Sementara, Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kota Yogyakarta, Ig. Trihastono menuturkan, aplikasi tersebut siap untuk diperkenalkan ke publik pada hari Kamis (7/6) pekan depan, bersamaan dengan HUT Pemerintah Kota Yogyakarta.

“Prinsipnya JSS memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi dari pemerintah dan mengakses layanan dari pemerintah dengan bentuk layanan yang lebih sederhana dan lebih dekat dengan masyarakat” Kata Kelik, panggilan akrabnya.

Lebih lanjut, Kelik mengatakan, keberadaan JSS tidak sekedar latah mendigitalisasi layanan Pemerintah Kota Yogyakarta namun lebih dilandasi oleh semangat menyederhanakan layanan

“Semangatnya tidak hanya mendigitalisasikan layanan, namun yang utama adalah menyederhanakan dan membantu proses pelayanan tanpa meninggalkan aspek formal dan regulasi.

Saat ini, apliasi JSS tengah memasuki tahap finalisasi dan sosialisasi di kalangan internal. Beberapa layanan dari JSS antara lain layanan Informasi dan Pengaduan yang akan menjadi komplementer dari layanan UPIK, kemudian layanan kedaruratan yang meliputi gawat darurat, trantib, dan kebakaran, layanan E-SPTPD, mobil jenazah, konsultasi belajar siswa. Selain itu melalui JSS warga juga dapat mengakses informasi kependudukan, realisasi anggaran, produk hukum Pemkot, lowongan pekerjaan, dan lain sebagainya.